180 Personel Polres Muara Enim Amankan Pilkades Serentak di PALI

Suasana Rakor persiapan Pilkades serentak di aula Kantor Bupati PALI. (foto/Anasrul)

PALI, KoranSN

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten PALI, 4 April mendatang akan melibatkan 180 personel anggota kepolisian dari Polres Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kabag OPS Polres Muara Enim, Kompol Zulkarnain, SIk optimis pelaksanaan Pilkada serentak tersebut akan berjalan damai dan kondusif.

“Meski diperkirakan bakal berlangsung damai dan kondusif, kita tetap siapkan personil sebagai langkah pengamanan. Langkah pengamanan tetap kita prioritaskan,” ujar Zulkarnain saat menghadiri rapat koordinasi persiapan Pilkades serentak, Senin (27/3/2017) bertempat di aula kantor Bupati PALI di jalan Merdeka Km. 10 kelurahan Handayani Mulya Pendopo.

Dikatakannya, sebelum melaksanakan tugas, pihaknya akan menggelar pasukan terlebih dahulu.

“Nanti kita gelar pasukan terlebih dahulu, pesertanya bukan hanya dari kepolisian, tetapi kita minta juga dari Brimob, Satpol-PP, Dishub, Linmas serta pihak terkait lainnya. Para calon Kepala desa juga bakal diikutsertakan pada gelar pasukan nanti, sebab disitu juga akan kita adakan deklarasi damai Pilkades serentak,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PALI H. Robby Kurniawan, SSTp Msi mengatakan pelaksanaan Pilkades tetap menjadi prioritas dan perhatian pemerintah kabupateb PALI.

“Meski tidak banyak desa yang ikuti Pilkades serentak, tetapi ini harus kita tata dan kelola dengan baik, sebab Pilkades ini rentan akan gesekan dan berpengaruh besar pada Kamtibmas kita,” ungkap Robby.

Baca Juga :   Antisipasi Tumbang, Pohon Pelindung Dipangkas

Sekda berharap Pilkades perdana di Kabupaten PALI yang digelar secara serentak dapat berjalan aman, damai dan terpilih kepala desa yang lahir dari demokrasi.

“Kami atas nama pemerintah kabupaten PALI mengajak kerjasama semua pihak agar pelaksanaan Pilkades berjalan sebagaimana yang kita inginkan,” harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), A. Gani menyebut, ada 18 desa yang tersebar di lima kecamatan di wilayah Bumi Serepat Serasan yang akan mengikuti Pilkades serentak. Persiapan telah dilaksanakan dari tes narkoba, penyeleksian bakal calon kepala desa yang desanya ada lebih dari lima calon kepala desa, sosialisasi sampai pemantauan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

“Di kecamatan Talang Ubi ada lima desa yang ikuti Pilkades serentak, Kecamatan Penukal ada tiga desa, Penukal Utara satu desa, Tanah Abang ada delapan desa, dan Kecamatan Abab satu desa, dengan jumlah keseluruhan ada 18 desa. Ada 19 TPS, sebab ada satu desa yang memakai dua TPS, selebihnya satu desa satu TPS,” beber Gani.

Baca Juga :   Gedung Perpustakaan SDN 6 Muara Telang Mangkrak

Beberapa langkah telah dilakukan pihak DPMD PALI dalam persiapan Pilkades serentak. “Pertama kami telah melakukan rapat koordinasi dengan camat untuk persiapan awal Pilkades, dilanjutkan pembentukan panitia Kabupaten, tes Narkoba, tes psikologi bagi desa yang memiliki lebih dari lima calon, dan terakhir kita telah kirim contoh surat suara ke masing-masing desa yang bakal ikut Pilkades,” jelasnya.

Terpisah, Bupati PALI H Heri Amalindo mengharapkan warga yang mengikuti Pilkades agar mengutamakan persatuan dan kesatuan yang selama ini terjaga. Semangat persatuan dalam bingkai kekeluargaan akan menciptakan proses demokrasi yang lebih dewasa.

“Selama ini situasi di kabupaten ini relatif terjaga berkat persatuan warga. Kami berharap warga tetap menjunjung tinggi rasa persatuan tersebut. Sehingga proses demokrasi berlangsung lebih dewasa. Hanya dengan persatuanlah, pembangunan di kabupaten ini bisa terus berlangsung. Sehingga bisa sejajar dengan kabupaten lainnya,” ujar Heri Amalindo. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Isak Tangis Sambut Jenazah Indah Warga Ogan Ilir Jadi Korban Sriwijaya Air

Indralaya, KoranSN Isak tangis keluarga dan kerabat menyambut kedatangan jenazah Almarhumah Indah Halimah Putri (26), …