20 KK Pemilik Rumah Tak Layak Huni Dapat Bantuan

Kepala Dinas Sosial Muratara Zainal Arifin, sedang memberikan bantuan bahan pokok kepada warga yang berhak menerimanya. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) miskin dari enam kecamatan di Kabupaten Muratara mendapatkan bantuan bahan untuk Rumah Tak Layak Huni (Rutalahu) dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muratara melalui APBD tahun 2017.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muratara, Zainal Arifin Daud saat penyerahan bantuan sandang pangan di kantor Dinas Sosial Muratara, Selasa (8/8/2017).

“Di APBD kita ini di anggarkan 20 rumah yang dibantu bahan untuk rumah tak layak huni (Rutalahu), bukan rehab,” ungkapnya.

Lanjut Zainal, keenam kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut, yakni Kecamatan Ulu Rawas, 2 rumah, Kecamatan Rawas Ulu 3 rumah, Kecamatan Rupit 3 rumah, Kecamatan Karang Dapo 3 rumah, Kecamatan Karang Jaya 3 rumah dan Kecamatan Nibung 3 rumah.

”Bahan-bahannya, yaitu papan, kayu, semen, pasir, triplek, seng, paku, kuas, tali, dan pensil,” jelasnya.

Baca Juga :   Jokowi Berikan Hadiah 3 Sepeda di Muba

Selain itu, Pemkab juga menyerahkan bantuan untuk fakir miskin berupa sandang pangan sebanyak sepuluh paket.

“Hari ini kita serahkan untuk di Kecamatan Karang Dapo 1 orang, Kecamatan Rupit 4 orang, Kecamatan Karang Jaya 3 orang, Kecamatan Ulu Rawas 2 orang. Barang yang di berikan berupa baju, kain, beras, minyak makan, gula, kopi, sarden, indomie, telor dan kecap, itu untuk pangan. Sedangkan untuk sandangnya berupa baju cewek dan baju cowok, sarung cewek dan sarung cowok,” ujarnya.

Berdasarkan data akhir tahun 2016 lalu, jumlah keseluruhan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kabupaten Muratara sebanyak 74. 281 PMKS.

“Dari data tersebut yang paling banyak fakir miskin yakni 36000 jiwa, dan penyandang disabilitas 500 orang lebih. Baik janda terlantar (tidak ada keluarga), janda miskin, orang gila, kaki palsu, tangan palsu, lumpuh dan lainnya,” terangnya .

Baca Juga :   Guru Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Sementara itu Ujuk Japar (55) warga kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara sangat berterima kasih kepada Pemkab Muratara yang telah memberikan bantuan berupa bahan pokok.

“Ada beras, gula, minyak sayur, indomie, sarden, kecap dan masih ada yang lain,” bebernya. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BPBD Empat Lawang Ingatkan Warga Waspada Bencana

Empat Lawang, KoranSN Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang memberikan peringatan ke masyarakat di …