2018, Ajang Gerindra, PKS dan PAN Jajal Koalisi Pilpres



Pengumuman calon kepala daerah dari Partai Gerindra, PKS dan PAN untuk Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/12/2017). (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Indonesia memasuki tahun politik di 2018. Segudang agenda politik menanti di 2018, di antaranya Pilkada serentak dan persiapan Pemilu 2019. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai tensi politik akan terus memanas, dengan masih menyisakan efek Pilkada Jakarta tahun 2017 yang lalu.

“Fraksi politik pun mulai bermunculan seperti yang dilakukan Gerindra, PKS, PAN, yang bakal solid di 5 pilkada,” kata Adi, Senin (1/1/2018).

Pengamat politik UIN Jakarta ini menilai pilkada kali ini adalah pemanasan menghadapi Pemilihan Presiden 2019. Sehingga berkoalisinya ketiga partai tadi bukan sekadar ingin mengulang kesuksesan Pilkada Jakarta.

Baca Juga :   Alex Noerdin Dampingi Cawapres KH Ma’ruf Amin

“Faksi Gerindra, PKS dan PAN ini mesti dibaca sebagai upaya menjajal kemungkinan koalisi menghadapi Pilpres 2019,” ujar Adi.

Adi menyarankan agar elite dan aktor-aktor politik yang bakal bertarung belajar banyak dari Pilkada Jakarta. Termasuk tidak banyak menyinggung agama lain, seperti yang kemudian menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. “Bukan hanya fatal, tapi juga akan memancing kegaduhan,” kata Adi.

Sebelumnya, PKS-Gerindra-PAN resmi menyatakan solid berkoalisi di 5 pilkada yakni di Jawa Barat, Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Maluku Utara dan juga Jawa Tengah. (Viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Wagub DKI: Negara Hadir Bebaskan Beban Biaya Pekerja Migran

Jakarta, KoranSN Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan negara hadir untuk membebaskan beban …