2018, DPRD Sumsel Bakal Banjir PAW

Wakil Ketua DPRD Sumsel Nopran Marjani menunjukkan surat pengunduran dirinya dari Anggota DPRD Sumsel. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Memasuki tahun politik 2018, DPRD Sumsel diprediksi bakal banjir Pengganti Antar Waktu (PAW). Pasalnya, dalam catatan Suara Nusantara, Selasa (2/1/2018), setidaknya ada 6 anggota DPRD Sumsel yang akan maju pada Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Keenam anggota DPRD Sumsel dimaksud, yakni HM Giri Ramanda N Kiemas maju di Pilgub Sumsel (PDI Perjuangan), Ahmad Yani di Pilkada Muara Enim (Partai Demokrat), Joncik Muhammad (PAN) dan Yulius Maulana (PDIP) maju di Pilkada Empat Lawang), Nopran Marjani di Pilkada Lahat (Partai Gerindra) dan Arkoni MD maju di Pilkada Banyuasin (Partai Hanura).

Menanggapi ini, Wakil Ketua DPRD Sumsel, Nopran Marjani membenarkan dirinya akan mundur dari DPRD Sumsel, bahkan ia sudah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai wakil rakyat ke sekretariat DPRD Sumsel, sebagai syarat maju di Pilkada Lahat tahun 2018 mendatang.

Nopran memastikan diri maju sebagai bakal calon Bupati Lahat berpasangan dengan Herliansyah, bahkan keduanya sudah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri ke KPU, dengan dukungan dari Partai Gerindra, PDI Perjuangan, PKS dan PPP, total 14 kursi.

Baca Juga :   Ditjen AHU Hadirkan Perseroan Perorangan dan Apostille di Palembang

“Jadi, sebelum pendaftaran di KPU itu sudah harus mengundurkan diri, itu diatur dalam undang-undang,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Nopran memastikan bahwa surat pengunduran diri dari DPRD Sumsel telah dibuat dan segera disampaikan kepada sekretariat DPRD Sumsel.

“Setelah resmi mundur, mobil dinas, rumah dinas, semua akan saya kembalikan, termasuk setelah ditetapkan mundur tidak lagi menerima gaji,” tandasnya.

Sementara, Ketua Fraksi PAN DPRD Sumsel, Joncik Muhammad yang memastikan diri berpasangan dengan sesama anggota DPRD Sumsel Yulius Maulana di Pilkada Empat Lawang mengaku, siap mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai Anggota DPRD Sumsel. Keduanya sedikitnya didukung oleh PDI Perjuangan, PAN, dan PKPI.

“Untuk sekarang kami berdua sudah pasti didukung PKPI dengan 2 kursi, PAN 5 kursi dan PDIP 4 kursi. Insyaallah partai lainnya menyusul karena setiap partai ada mekanisme masing-masing,” pungkasnya.

Baca Juga :   The 1O1 Hotel Rajawali Palembang Dibanjiri Tamu

Sementara, Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban mengakui, Wakil Ketua DPRD Sumsel, Nopran Marjani sudah mengajukan surat pernyataan pengunduran diri pada 31 Desember lalu.

“Untuk ketua (Giri, red) sudah ada obrolan, rencananya mengajukan surat pernyataan pengunduran diri pada 6-7 Januari nanti,” kata Ramadhan.

Lanjutnya, selain kedua pimpinan tersebut, ada juga beberapa nama yang bakal maju Pilkada, seperti Joncik Muhammad, Yulius Maulana (Pilkada EmpatLawang), Arkoni (Banyuasin), dan A Yani (Muaraenim). “Nama-nama tersebut belum ada pengajuan atau pembahasan, kita sifatnya pelayan sehingga menerima saja,” pungkasnya.

Untuk diketahui, anggota DPRD Sumsel yang akan maju di pilkada serentak wajib mengundurkan diri sebagai syarat mendaftar di KPU. Tahun 2018 ini, ada 9 Pilkada yang digelar serentak di Sumsel, yakni Pilkada Palembang, Banyuasin, OKI, Prabumulih, Lahat, Muara Enim, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Empat Lawang serta pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel. (awj)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Berikan Remisi Khusus Hari Anak Nasional Kepada 94 Anak Binaan

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan menyatakan sebanyak 94 anak binaan mendapatkan remisi khusus …

error: Content is protected !!