2018, Pemkot Palembang Tetap Prioritaskan Normalisasi Sungai

Harnojoyo.

Palembang, KoranSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memprioritaskan normalisasi sungai untuk perencanaan dan pembangunan di tahun 2018 mendatang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, nantinya perencanaan normalisasi ini, juga bakal menambah potensi wisata yang ada di Kota Palembang.

“Tahun 2018 kita tetap akan memprioritaskan normalisasi sungai yang ada di Palembang ini, guna mengembalikan kembali fungsi sungai pada umumnya,” ungkap Harno usai membuka acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Palembang 2017, di ruang rapat Parameswara kantor Setda Palembang, Selasa (14/3/2017).

Sedangkan untuk tahun 2017 ini, lanjut Harno, pihaknya akan mengedepankan pembangunan infrastruktur dan pariwisata. Hal ini terkait even besar Asian Games 2018 mendatang.

“Lantaran itu pula rencana pembangunan termasuk percepatan yang akan dilakukan, akan menyentuh ke dua hal tersebut. Seperti kita ketahui bersama, Pembangunan LRT, Jembatan Fly Over, dan beberapa pembangunan lain, tengah berjalan saat ini, ” katanya.

Menurut Harnojoyo, jika dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki Sumber Daya alam (SDA), seperti Batu Bara atau Gas dan Minyak Bumi, Palembang bisa dibilang memiliki potensi yang sedikit, nyaris tak ada. Untuk itulah, ia mengajak masyarakat untuk memaskimalkan potesnsi yang ada.

“Salah satunya pariwisata. Dimana Palembang memiliki sejarah dan budaya yang apabila diolah dengan baik, akan menghasilkan pemasukan, tak hanya bagi pemerintah, tetapi juga bagi masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :   Kejati Sumsel Jalin Sinergitas dengan Ombudsman RI

Selain itu, Harno juga menjelaskan, akan ada beberapa proyek pembangunan lain yang nantinya diharapkan mampu mewujudkan Palembang yang Elok Madani, Aman dan Sejahtera (EMAS). Ia menekankan pembangunan mental dan karakter masyarakat juga masuk dalam bagian tersebut.

“Untuk menyambut even besar, masyarakat juga harus terlibat secara aktif. Menjadi tuan rumah yang baik dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga, nantinya tamu yang datang akan merasa betah dan nyaman di kota Palembang. Program yang telah kami jalankan seperti Subuh berjamaah dan gotong royong, punya tujuan membentuk karakter. Diluar pembangunan fisik yang kita tengah lakukan, bersama pemerintah provinsi. Semoga apa yang dilakukan ini bisa menampakkan hasil kedepan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Dewan Perwakilan Rakyat DaeraH (DPRD) Kota Palembang, Adiansyah mengungkapkan, untuk prioritas perencanaan dan pembangunan Palembang, harus sesuai dengan visi dan misi Walikota saat mencalonkan diri pada masa pencalonan.

“Harus sesuai dengan visi misi awal harusnya, tidak boleh melenceng dari rencana awal itu, agar anggaran yang terserap bisa digunakan dengan maksimal dan sebaik mungkin,” katanya.

Baca Juga :   Wakaf Sasar Generasi Milenial

Menurutnya, selain infrastruktur, Pemerintah Palembang juga diharapkan dapat memprioritaskan pendidikan dan kesehatan. Sebab, hal ini masih menjadi masalah penting ditengah masyarakat.

“Khusus untuk pendidikan, Pemerintah memang menganggarkan lebih dari 30 persen APBD, melampaui target pemerintah pusat yakni 20 persen dari APBD. Kendati demikian, proses di tengah jalan, harus dalam pengawasan yang ketat sehingga dapat menyentuh semua lapisan,” ungkapnya.

Sebab, sambungnya, di beberapa daerah di kota Palembang, kondisi pendidikan dinilai masih cukup memprihatinkan. Hal yang sama juga terjadi pada sektor kesehatan. Sehingga, selain pembangunan infrastruktur dan pariwisata secara berkelanjutan Pendidikan dan Kesehatan juga penunjang pembangunan.

“Kami tentu berharap pemerintah memprioritaskan pula visi misi dan Rencana jangka menengah seperti saat awal dulu. Sehingga semua sektor utama yang menjadi prioritas bisa terpenuhi. Pembangunan dan kemajuan masyarakat juga akan mudah dicapai,” pungkasnya. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Butuh Lima Kendaraan Dinas, Bawaslu Palembang Minta Bantuan ke Pemkot

Palembang, KoranSN Guna memaksimalkan kinerja selaku badan pengawasan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palembang …