2018, Penerima BSPS di PALI Capai 1000 Unit Rumah







Heri Amalindo saat memberikan BSPS ke warga PALI secara simbolis. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Pemerintah Kabupaten PALI menargetkan penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Bumi Serepat Serasan pada tahun 2018 mendatang akan mencapai 1000 unit rumah.

Informasi tersebut disampaikan langsung Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM dalam sambutannya saat kegiatan penyerahan BSPS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) RI Kabupaten PALI tahun 2017 di Lapangan Sepak Bola Sumberjo Kelurahan Talang Ubi Utara Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Kamis (13/7/2017).

Diterangkannya, dari 1000 unit rumah yang akan diserahkan pada tahun 2018 mendatang, 500 unit rumah diharapkannya merupakan bantuan dari Kementerian PU PR RI.

“Kami harap tahun 2018, penerima BSPS di PALI bantuan dari Kemernterian PU PR melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel 500 unit. Ditambah 500 unit lagi menggunakan APBD PALI. Sehingga total menjadi 1000 unit rumah,” pintanya dihadapan perwakilan dari DPKP Sumsel dan Forum Perangkat Daerah (FPD) Kabupaten PALI, tokoh masyarakat serta ratusan warga Kelurahan Talang Ubi Utara.

Tak lupa, suami dari Ir Hj Sri Kustina Heri Amalindo itu juga mengucapkan terimakasih kepada DPKP Provinsi Sumsel yang senantiasa memberikan bantuan kepada masyarakat PALI.

Baca Juga :   Pantau Keberadaan Harimau, BKSDA Lahat Pasang Perangkap dan Kamera

“Kami mewakili masyarakat Kabupaten PALI mengucapkan banyak terimakasih kepada kementerian PU PR terkhusus DPKP Sumsel sehingga masyarakat PALI dapat menghuni rumah yang layak dan sehat,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu pula, Heri menghimbau agar masyarakat penerima BSPS itu tidak menyalahgunakan bantuan yang telah diberikan.

“Jangan lupa pak buk, sebelum bahan material rumah tersebut selesai dipasang, maka statusnya itu merupakan milik negara. Jadi jangan sampai dijual, karena bisa dipidana,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Rakyat PALI, Arya Darmawan menerangkan, tahun 2017 ini penerima BSPS mencapai 300 orang.

“Ini sudah tahun kedua PALI menerima BSPS. Yang mana pada tahun 2016 lalu, PALI mendapat 403 penerima BSPS, sementara pada tahun 2017 ini hanya 300 unit rumah. Kita harapkan sesuai arahan dan keinginan Bupati pada tahun 2018 mendatang menjadi 1000 unit rumah,” terangnya.

Arya juga mengaku, pihaknya sebelum melakukan pemberian BSPS terlebih dahulu melakukan survey pendataan.

“Di data kita ada sekitar 10000 penerima BSPS, namun karena berkala maka setiap tahun akan terbagi. Tahun ini, 300 penerima BSPS berasal dari Talang Ubi Timur 138 unit rumah, dan Talang Ubi Utara sebanyak 162 unit rumah. Sedangkan bentuk bantuannya berupa bahan material dan terbagi tiga kelas, kelas ringan sebesar Rp 7,5 juta, kelas sedang sebesar Rp 10 juta dan kelas berat sebesar Rp 15 juta. Itu dilihat dari kondisi rumah dan pendapatan pemilik rumah,” terangnya.

Baca Juga :   25 Personel dan 6 PNS Polres Lubuklinggau Naik Pangkat

Ditempat yang sama, PPK Dinas PKP provinsi sumsel, Fazril Rusli menjelaskan, BSPS merupakan program pemerintah pusat berupa material bangunan rumah bagi warga yang berpenghasilan rendah.

“Kerjasama Kementerian PU dan Bank Tabungan Negara (BTN). Namun, meskipun program ini diprakarsai oleh kementerian PU PR, tapi itu semua tidak terlepas dari usulan pemerintah kabupaten, dalam hal ini Bupati PALI sangat intens dan aktif sehingga di PALI juga mendapat BSPS,” ujarnya.

Dirinya juga menuturkan, tidak seluruh kabupaten/kota di Sumsel yang mendapatkan BSPS.

“Tidak seluruh kabupaten kota, PALI termasuk 9 dari kabupaten/kota di Sumsel yang mendapatkan BSPS. Karena pemda sangat aktif dan benar-benar memperdulikan kebutuhan masyarakatnya,” tutupnya. (ans)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Usai Sholat Idul Adha, Masyarakat Desa Tambangan Mura Gelar Tradisi Sedekah Rame

Musi Rawas, KoranSN Masyarakat Desa Tambangan, Kecamatan BTS Ulu Cecar, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan …

error: Content is protected !!