24 Oktober, Calon PPK Tes Tertulis Serentak

Ahmad Naafi. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel dan kabupaten/kota sepakat menggelar tes tertulis calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Sumsel secara serentak pada 24 Oktober mendatang. Nantinya calon PPK ini akan bekerja untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.

Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi mengatakan, saat ini, KPU se-Sumsel sedang merumuskan soal untuk tes tertulis tersebut. Secara garis besar ada 4 materi soal yang harus dijawab oleh calon anggota PPK nantinya, diantaranya terkait kewilayahan masing-masing daerah, pengetahuan umum dan peraturan perundang-undangan.

“KPU Sumsel hanya mengkoordinir, pembuat soal tetap berasal dari masing-masing kabupaten/kota, dan saat ini tengah dirumuskan. Untuk soal, materinya kemungkinan akan sama, kecuali muatan kewilayahan masing-masing kabupaten/kota itu yang beda, karena akan disesuaikan dengan daerahnya masing-masing,” terang Naafi, ditemui usai rapat koordinasi bersama perwakilan KPU kabupaten/kota, bertempat di ruang pertemuan KPU Sumsel, Rabu (18/10/2017).

“Seleksi tertulis akan dilakukan selama 120 menit,” tambah Naafi.

Baca Juga :   Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palembang Dilantik

Naafi menjelaskan, soal keamanan dan distribusi soal tes tertulis, dikoordinir oleh KPU Sumsel. Nantinya, KPU Sumsel akan menyiapkan 17 tim untuk membawa soal-soal tersebut ke masing-masing daerah.

“H-1 mulai kita distribusikan, nanti ada tim yang membawa soal-soal itu ke 17 kabupaten/kota. Untuk, pemeriksaan hasil tes, semuanya dilakukan oleh KPU kabupaten/kota,” jelas Naafi.

Ia mengatakan, setelah tes tertulis, masing-masing KPU kabupaten/kota akan mengumumkan 10 besar calon anggota PPK, untuk kemudian mengikuti tes administrasi dan tes wawancara.

“Tanggal 25 sampai 29 Oktober, koreksi tes tertulis calon PPK, kemudian diumumkan 10 besar untuk mengikuti seleksi wawancara pada 31 Oktober. Hasilnya akan dipilih 5 orang sebagai anggota PPK berdasarkan nilai tertinggi,” ungkap Naafi.

Sementara, Komisioner KPU Kota Palembang, Abdul Karim Nasution mengatakan, tahapan pilkada Kota Palembang yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018 dimulai dengan rekrutmen untuk PPK dan PPS yang akan dibuka pendaftarannya pada 12 Oktober 2017 hingga 21 Oktober 2017.

Baca Juga :   Pasien Corona Sembuh di Sumsel Capai 825 Orang

“KPU Palembang membutuhkan PPK sebanyak 90 orang yang akan ditempatkan di 18 kecamatan dan PPS sebanyak 321 orang untuk 107 kelurahan,” singkatnya.

Terpisah, Ketua KPU Lahat Samsu Rizal Nusir melalui Sekretaris KPU Lahat Raswan Ansori mengatakan, masyarakat Lahat sangat antusias mengikuti pendaftaran calon anggota PPK. Tercatat, lebih dari 397 peserta yang sudah mendaftar.

“Jumlahnya jauh lebih banyak dari rekrutmen sebelumnya, mungkin karena faktor informasi pendaftaran ini yang lebih luas menyebar di masyarakat,” pungkasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako Fitrianti Agustinda Apresiasi Program GISA

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang menyambut baik atas hadirnya yayasan Pondok kasih cabang Palembang terkait …