25 Desa di Muratara Ikut Pilkades





Tampak suasana sosialisasi panitia Pilkades tingkat desa. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Senin (9/10/2017) sekitar pukul 11.00 WIB, di Aula Rahma Rumah Makan Sederhana, tepatnya di Kelurahan Muara Rupit Kecamatan Rupit, Dinas PMD-P3A Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar sosialisasi pemilihan kepala desa (Pilkades) dalam wilayah Kabupaten Muratara, guna menyamakan persepsi dan memastikan independensi panitia, agar pelaksanaan bisa berjalan sukses.

Acara dihadiri langsung Bupati Muratara H M Syarif Hidayat, dan Kepala PMD-P3A Firdaus. Sementara narasumber kegiatan, Kabag Hukum Efendi Aziz dan Asisten I Pemkab Muratara Tarmizi serta diikuti sekitar 150 orang panitia penyelenggara Pilkades dari 25 desa dalam wilayah Kabupaten Muratara.

Dihadapan 225 panitia pilkades dari 25 desa yang akan menyelenggarkannya, Bupati Muratara HM Syarif Hidayat membuka acara secara resmi.

“Harapannya, tidak ada kebijakan panitia yang tapi sesuai aturan yang sudah ditetapkan,” harap Bupati.

Sementara Kepala Dina PMD-P3A Muratara, Firdaus menjelaskan sosialisasi Pilkades ini bertujuan agar panitia menjalankan tugas dengan baik dan berjalan sesuai dengan harapan bersama.

Baca Juga :   Bahas Isu Terkini di Mura Forkopimda Gelar Rakor Bersama

“Peserta kegiatan pemilihan kepala desa dari 25 desa se-Kabupaten Muratara, di antaranya Kecamatan Rawas Ilir, Desa Mandiangin, Belani, Tanjung Raja Batu Kucing, Beringin Sakti, Pauh 1 dan Beringin Makmur 1. Sedangkan kecamatan Rawas Ulu, Simbang Nibung Rawas, Sungai Lanang, Lubuk Mas, Teladas, Pangkalan dan Pulau Lebar,” katanya.

Selanjutnya Kecamatan Rupit, yang menggelar Pilkades, yakni Desa Lubuk Rumbai Baru, Beringin Jaya, Batu Gajah Baru, Noman Baru, Maur Lama dan Karang Anyar. Kemudian, untuk Kecamatan Karang Dapo, Desa Bina Karya dengan Kerta Sari. Selain itu, Kecamatan Ulu Rawas, yakni Desa Kuto Tanjung dan Muara Kuis, sedangkan Kecamatan Nibung, Desa Jadi Mulya 1 dan Kecamatan Karang Jaya, yang menggelar Pilkades Desa Embacang Baru.

“Panitia Pilkades berjumlah 225 se Muratara, 11 orang anggota panitia Pilkades setiap desa. Acara ini dengan tujuan menyamakan persepsi agar kerja panitia independen,” terang Firdaus.

Sementara Bupati Muratara H M Syarif Hidayat mengatakan, dari 25 desa ini akan diberikan pemahaman, acuan dan panduan. Tahun ini, pelaksanaan Pilkades diharapkan dapat berjalan lancar, aman dan kondusif.

Baca Juga :   Jembatani Sumsel-Babel, Pemkab OKI dan Basel Perkuat Sinergi

“Panitia desa tidak ada kebijakan tapi kerja sesuai aturan, begitu juga kecamatan dan kabupaten. Bekerjalah dengan baik sesuai aturan,” himbaunya.

Ia menjelaskan, jika di tahun lalu, calon Kades hanya diwajibkan melakukan tes urine, kali ini, calon Kades wajib menjalani tes darah. Tujuannya, untuk memastikan calon Kades bebas dari narkoba.

“Kita membangun bangsa dari desa. Jika desa sudah kondusif, kabupaten baik dan juga provinsi. Untuk itu, kita lakukan seleksi supaya dapat kades terbaik,” pungkasnya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peringati Maulid Nabi, Kerja Bakti Bersihkan Masjid

Muaraenim, KoranSN Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pj Sekda Kabupaten Muaraenim Drs Emran …