25 Persen Veteran di Palembang Belum Sejahtera

Ilustrasi.
Ilustrasi veteran.

Palembang, KoranSN

Dalam kegiatan Musyawarah Legion Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke-11 yang di gelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di ruang Setda Parameswara, terungkap dari 144 veteran yang tergabung dalam LVRI Kota Palembang setidaknya 25 persen dari jumlah itu, kesejahteraannya belum
terealisasi.

Hal ini di sampaikan oleh ketua panitia yang sekaligus Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Palembang, Misbahuddin, Selasa (12/1/2016).

“75 persen kesejahteraan anggota telah baik namun masih ada para veteran yang belum memiliki tempat tinggal atau rumah yang layak huni,” ujarnya.

Misbahuddin mengungkapkan, selama ini para veteran tersebut telah diberi penghargaan berupa dana tunjangan dari pemerintah berkisar sekitar 1,45 jt perbulan diluar dari gaji pokok pensiun.

Baca Juga :   Herman Deru: Sriwijaya Great Sales Ajang Pemulihan Ekonomi

“Ini merupakan penghargaan dari pemerintah kepada para veteran agar kebutuhan mereka tercukupi, selain itu para anggota veteran juga akan dimakamkan di makam pahlawan jika ada yang wafat, target kedepannya anggota veteran akan lebih ditingkatkan lagi kesejahteraannya dan Dinas Pendidikan telah menyetujui kedepannya pelajaran mengenai veteran akan dimasukkan kedalam kurikulum agar para pelajar bisa mengetahui perjuangan para veteran terdahulu,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Palembang, Faisal AR, mengatakan tunjangan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemkot palembang, menurutnya Walikota Palembang Harnojoyo sudah mengalokasikan anggaran dan sekarang sedang di susun untuk kesejahteraan para veteran.

“Sekarang anggaran tersebut sedang kita rencanakan dan susun bersama oleh Dinsos  atas petunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) dan walikota serta berkoordinasi dengan BPKAD, karena dalam pemberian santunan ataupun tunjangan harus berpedoman pada eraturan Undang-Undang (UU),” tuturnya.

Baca Juga :   Mawardi Minta Santri Tahfidz Doakan HDMY Mampu Sejahterakan Masyarakat

Mengenai dana yang akan di anggarkan Faisal belum bisa menyebutkan nominal yang akan di keluarkan.

“Tahun 2016 ini, dana sudah di alokasikan untuk para veteran namun saya masih belum bisa menyebutkan nominal yang akan di anggarkan untuk masing-masing veteran,” tutupnya. (rik)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Ngopi Cow di Kedai PWI, Tantangan Pilkada di Tengah  Covid Makin Berat

Palembang, KoranSN Tantangan Pilkada 9 Desember 2020 yang juga bakal digelar di tujuh kabupaten di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.