3 Pasang Balonbup/Wabup OKI Lolos Kesehatan & Administrasi

Dedi Irawan (Foto-Istimewa)

Kayuagung, KoranSN

Tiga pasang Bakal Calon Bupati (Balonbup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Balonwabup) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) periode 2019-2024 dinyatakan lolos tes kesehatan dan administratif oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKI, saat rapat pleno terbuka, Rabu (17/1/2018) sore.

Pasangan tersebut yakni H Iskandar SE-HM Djakfar Shodiq (ISO) yang diusung oleh gabungan partai politik (Parpol) PAN (5 kursi), PKB (3 kursi), Nasdem (3 kursi), Demokrat (7 kursi) dan PBB (1 kursi), total 19 kursi atau 42 persen dari jumlah kursi DPRD OKI.

Demikian pasangan H Azhari Effendi SH-H Qomarus Zaman SPd MSi (AQOR) diusung oleh gabungan partai politik yakni Golkar (5 kursi), Hanura (4 kursi), Gerindra (5 kursi) dan PKS (3 Kursi) total 17 kursi atau 38 persen.

Sedangkan pasangan Abdiyanto H Fikri SH MH–I Made Indrawan ST MH hanya diusung oleh satu partai yang mencukupi syarat pencalonan yakni Partai PDI Perjuangan dengan kekuatan 9 Kursi atau 20 persen.

“Ketiga bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati ini berdasarkan hasil pemeriksaan dari bagian kesehatan dan pemeriksaan kelengkapan administratif semua lolos,”kata Ketua KPUD OKI Dedi Irawan SIP MSi seraya berucap para bakal calon ini selanjutnya tanggal 12 Februari mendatang akan diumumkan penetapan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) OKI.

Baca Juga :   Herman Deru: Kembalikan Citra Sumsel Penghasil Ikan

“Setelah diumumkan sebagai Bacabup dan Bacawabup, tanggal 13 Februari 2018 akan dilakukan pengundian nomor urut calon,”jelas Dedi didampingi anggota komisioner KPUD Ambrullah. Ketiga pasangan calon tersebut kesimpulannya sudah memenuhi syarat pendaftaran dan tidak boleh diganggu gugat lagi.

Masih kata Dedi, dari mulai mereka mendaftar dari tanggal 8-10 Januari 2018, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap berkas ketiga bakal calon bupati dan wakil bupati.

“Apabila terjadi yang tidak inginkan, umpamanya ada salah satu bakal calon, baik itu calon bupati ataupun wakil bupati ternyata tidak memenuhi syarat (tidak lolos -red), maka diberikan 3 hari untuk parpol pengusung mengganti bakal calon yang gugur,”ujar Dedi. (iso)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Angka Kemiskinan OKI Turun, Kemiskinan Ekstrem di Bawah 1 Persen

Kayuagung, KoranSN Angka kemiskinan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) turun 1,07 persen dari 13,15 …

error: Content is protected !!