3 PNS Ditemukan Didaftarkan ke Parpol


Komisioner KPUD PALI ketika menjelaskan kepada sejumlah Parpol. (Foto-Anas/Koransn)

PALI, KoranSN

Setelah dilakukan verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten PALI terhadap berkas administrasi Partai Politik di Bumi Serepat Serasan, diketahui tiga orang dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdaftar di Parpol. Sementara untuk kasus kegandaan eksternal sebanyak 639 orang.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua KPUD PALI, H. Hasyim Hanif SE melalui Komisioner Divisi Hukum Santosa, SH usai menggelar pertemuan dengan Parpol yang ada di Bumi Serepat Serasan, Jumat (10/11/2017) di Sekretariat KPUD PALI.

Baca Juga :   Launching Roadshow Bapak Literasi Musi Rawas

Dijelaskannya pula pertemuan antara KPUD dan Parpol terkait hasil verifikasi faktual dan menjelaskan bahwa ada sejumlah anggota parpol yang didaftarkan terjadi kegandaan anggota.

“Artinya, satu warga ada yang didaftarkan oleh dua Parpol. Sehingga, sang warga tadi ditanyakan kejelasan ikut partai yang mana. Setelah memilih salah satu, sang warga langsung membuat surat pernyataan dan sahlah dirinya sebagai anggota partai yang dipilihnya. Sementara untuk data di partai yang satunya lagi dihapus,” jelas Santosa seraya mengatakan bahwa ini termasuk tahapan penelitian administrasi.

Baca Juga :   Jalan Lintas Pagaralam - Lahat Banyak Rusak

Ia juga mengatakan bahwa verifikasi faktual tersebut dilakukan berdasarkan data dari KPU RI.

“Jadi teknisnya begini, data dari KPU RI kemudian dilakukanlah vetifikasi oleh KPUD. Kemudian terbagilah lima tim untuk verifikasi ke lima kecamatan. Dengan cara ditanyakan ke warga, setelah memilih salah satu warga langsung membuat surat pernyataan,” imbuhnya.

“Itu untuk kasus yang ketemu dengan warga. Jika tidak ketemu dengan warga tersebut, maka Parpol wajib menghadirkannya pada hari Minggu (12/11/2017) nanti di kantor Parpol masing-masing,” tandasnya. (ans)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Verifikasi Kepuasan Pelayanan di Lapas Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera …

error: Content is protected !!