300 Warga Terima Bantuan Bedah Rumah







Asisten 1 Pemkab Empat Lawang, Hamdan Saat memukul gong tanda lounching BSPS. (foto-fahlevi/koransn.com)

Empat Lawang, KoranSN

Sedikitnya 300 warga di Kabupaten Empat lawang, Kamis (3/8/2017) mendapatkan bantuan bedah rumah dari Program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Penyerahan buku tabungan secara simbolis, dilakukan di Gedung Serbaguna Tebing Tinggi, oleh Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah melalui Asisten I, Hamdan.

Ia berharap, dengan adanya program BSPS 2017 ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk memperbaiki rumahnya yang rusak agar lebih layak huni.

“Hendaknya digunakan semaksimal mungkin, agar mereka yang mendapatkan bantuan ini bisa memperbaiki rumahnya. Mudah-mudahan, rumah tidak layak huni di Empat lawang semakin berkuranh dengan adanya program seperti ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, PPK BSPS Provinsi Sumsel, Tazril mengatakan, masyarakat yang berhak menerima bantuan BSPS ini merupakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang disertai dengan surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa atau kelurahan setempat.
“Selain itu, syarat lainnya adalah harus tanah sendiri dan kepemilikan rumah juga haru rumahnya sendiri. Bukan rumah kontrakan ataupun rumah dinas,” ujarnya, sesaat usai Launching program BSPS di Empat lawang.

Tazril berharap, 300 penerima program BSPS ini merupakan orang yang tepat, sesuai dengan hasil pendataan dari tim fasilitator Kabupaten Empat lawang.

“Sesuai dengan hasil verifikasi tim tingkat kabupaten, mereka itulah yang berhak menerima bantuan,” imbuhnya seraya mengatakan, salah satu tujuan program ini adalah, agar rumah warga layak huni, tidak kepanasan, tidak kehujanan dan tidak kedinginan.

Untuk diketahui, 300 unit rumah yang menerima bantuan tersebut, semuanya masuk dalam Kecamatan Tebing Tinggi. Dengan rincian, Desa Seguring sebanyak 59 unit, Desa Batu Panceh 50 unit, Desa Ulak Mengkudu 57 unit dan Desa Pajar bakti 58 unit. Kemudian Kelurahan Kupang 46 unit serta Kelurahan Pasar sebanyak 30 unit.

Baca Juga :   Ribuan Warga Penerima Bansos di Empat Lawang Dicoret

Masing-masing penerima, dialokasikan dana sebesar Rp 15 juta rupiah. Penerima tidak diperbolehkan menerima dalam bentuk uang cash, melainkan dalam bentuk bahan material bangunan.

Sistem pengerjaannya, dengan cara swadaya masyarakat itu sendiri dengan cara berkelompok. Satu kelompok, maksimal 20 orang.

Sistem pencairan bahan material dimaksud, dibagi menjadi dua tahapan. Tahap kedua akan dikucurkan, jika bantuan tahap pertama sebesar 50 persen sudah digunakan. Total dana yang tersedia mencapai Rp 4,5 Milyar, yang bersumber dari APBN. (foy)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Harga Komoditas Disubsidi Pemkab Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Dalam menjaga ketersediaan dan harga bahan pokok terjaga pasca-Iduladha 1445 Hijriah, Pemerintah …

error: Content is protected !!