36 Pegawai RSUD Prabumulih Diambil Sumpah Jabatan







Usai di ambil sumpah jabatan kru RSUD foto bersama. (foto-andi fatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih melaksanakan pengangkatan sumpah jabatan tentang kerahasiaan rekam medis kepada kurang lebih 36 orang tenaga administrasi dan pegawai RSUD Kota Prabumulih. Pengangkatan sumpah ini dilakukan di Aula Auditorium RSUD kota prabumulih, Kamis (8/11/2018).

Plt Direktur RSUD Kota prabumulih, dr Efrizal Syamdudin mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kerahasian rekam medis atau latarbelakang penyakit seorang pasien dari masyarakat umum atau publik yang tidak berhak mendapatkan informasi tersebut.

“Riwayat penyakit atau rekam medis seorang pasien tidak boleh di beritahukan dan di sebar luaskan kepada orang lain yang bukan ahli waris atau keluarga pasien. Hal ini dikarenakan dapat menurunkan image pasien, bahkan bisa menjadikan pasien menjadi terhina di mata masyarakat umum,” katanya.
Dirinya mencontohkan, misalnya penyakit HIV Aids dan Tuberkulosis (TBC) yang dapat membuat pasien menjadi terhina di mata masyarakat.

“Disinilah kita melakukan sumpah tersebut yang tujuannya untuk melindungi pasien, dan tidak memberitahukan riwayat penyakit seorang pasien kepada orang lain. Hal ini juga sebagai bentuk keterbukaan tenaga medis kepada keluarga pasien, dan bisa kita buka informasi tersebut hanya untuk kepentingan pengadilan,” pungkasnya. (and)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Usai Sholat Idul Adha, Masyarakat Desa Tambangan Mura Gelar Tradisi Sedekah Rame

Musi Rawas, KoranSN Masyarakat Desa Tambangan, Kecamatan BTS Ulu Cecar, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan …

error: Content is protected !!