43 Ribu Jiwa Belum Rekam e-KTP



Anggota DPRD Sumsel Dapil Kota Palembang, Anita Noeringhati, Sujarwoto dan Kartak SAS berbincang dengan Kepala Dukcapil Kota Palembang Ali Sobri. (foto/Anton Wijaya)
Anggota DPRD Sumsel Dapil Kota Palembang, Anita Noeringhati, Sujarwoto dan Kartak SAS berbincang dengan Kepala Dukcapil Kota Palembang Ali Sobri. (foto/Anton Wijaya)

Palembang, KoranSN

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palembang mengakui, hingga kini sudah melakukan perekaman KTP elektronik atau e-KTP hingga 96 persen, sisanya 4 persen atau kurang lebih 43 ribu jiwa ditarget selesai hingga 30 September mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Dukcapil Kota Palembang, Santi Zahara saat menerima kunjungan reses anggota DPRD Sumsel daerah pemilihan (Dapil) Kota Palembang, Kamis (1/9/2016).

“Target kita selesai 30 September mendatang, sesuai target dari Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Saat ini, dari jumlah total wajib e- KTP sebanyak 1.111.176 jiwa, yang sudah melakukan perekaman 96 persen, sisanya sebanyak 4 persen kita target selesai 30 September mendatang,” ungkap Santi dihadapan sejumlah anggota DPRD Sumsel Dapil Kota Palembang, Anita Noeringhati, Sujarwoto, Mgs Saiful Fadli, Karak SAS dan Usman Effendi.

Baca Juga :   Asuransi Pertanian Beri Perlindungan Lahan

Untuk merealisasikan itu kata Santi, pihaknya melakukan perekaman secara mobile dengan mendatangi kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Palembang. Bahkan, untuk Sabtu-Minggu Dukcapil masih melakukan perekaman e-KTP.

“Di Dukcapil kita punya 2 alat perekaman e-KTP yang stand by melayani masyarakat. Di kecamatan juga memiliki alat perekaman e-KTP yang juga stand by, mereka juga mobile ke kelurahan-kelurahan,” jelas Santi.

Ia menjelaskan, dari sekitar 43 ribu jiwa yang belum melakukan perekaman e-KTP, tersebar di 7 kecamatan, diantaranya Kecamatan Sukarame, Kertapati, Sako, Seberang Ulu I, dan Plaju.

“Selain mobile ke kecamatan-kecamatan, kita juga mobile ke sekolah-sekolah. Target kita sampai tanggal 30 September nanti, dapat mengunjungi setidaknya 52 sekolah,” ujar dia.

Baca Juga :   Jemput di Bandara, Asrul Indrawan Beri Bonus Pada Atlet-Pelatih Wushu Sumsel Peraih Medali PON

Santi mengakui, saat ini stok blangko di Dukcapil Kota Palembang, minim. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengajukan permintaan blangko ke Kemendagri. “Itu menjadi salahsatu kendala kita, selain seringnya terjadi pemadaman listrik dan gangguan jaringan internet ke Pusat, serta kurangnya alat perekaman,” pungkas Santi. (awj)







Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Walikota Palembang Hadiri HUT ke-22 Apeksi

Lampung, KoranSN Bersama kurang lebih 57 Walikota dari berbagai wilayah di Indonesia, Walikota Palembang, H. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.