46.749 Foto Copy KTP Calon Independen Diverifikasi Faktual



Salinan. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Sebanyak 46.749 KTP dukungan calon perseorangan/independen yang dikumpulkan oleh tim pasangan calon (Paslon) Cabup dan Cawabup Banyuasin Husni Thamrin dan Supartijo diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin. Verifikasi yang menentukan lolos atau tidaknya calon independen ini, dilakukan 12-25 Desember 2017.

Komisioner KPU Banyuasin Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Salinan mengatakan, hanya ada 1 pasangan yang mendaftar jalur independen yang saat ini persyaratannya berupa foto copy KTP dukungan yang masuk ke Silon sedang diverifikasi faktual.

“KPU dan PPS sedang melakukan verifikasi faktual di setiap desa atau kelurahan yang ada dukungan paslon perseorangannya,” kata Salinan, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/12/2017).

Baca Juga :   Paslon Belum Daftarkan Akun Medsos

Salinan mengatakan, saat PPS melakukan verifikasi tim penghubung paslon perseorangan bisa langsung memantau, meski tidak diwajibkan.

“Verifikasi (faktual) ini untuk mengetahui apakah benar pendukung calon perorangan tersebut masih ada, apakah bukan TNI, Polri, PNS atau sudah meninggal dunia,” jelas Salinan.

Dikatakannya, seandainya dalam verifikasi ditemukan ketidakcocokan foto copy KTP dukungan, nanti akan ditotal apakah syarat dukungannya masih memenuhi syarat yang ditetapkan KPU tidak. “Jika ternyata cukup, KPU akan menyatakan lulus, apabila kurang maka Paslon perseorangan diwajibkan mengumpulkan 2 kali lipat jumlah kekurangan KTP tersebut,” ungkapnya.

Kata Salinan, syarat untuk maju dari jalur independen pada Pilkada Banyuasin 2018 harus menyerahkan foto copy KTP pendukung sebanyak 43.934 lembar. Jumlah ini didapat dari 7,5 persen daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu terakhir di Banyuasin sebanyak 58.6451 pemilih.

Baca Juga :   Bulog Lahat Siapkan Daging Murah

“Foto copy dukungan 43.934 itu tersebar minimal di 10 Kecamatan atau 50 persen dari seluruh kecamatan yang ada di Banyuasin,” pungkasnya. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Sekolah di Kabupaten OKU Timur Terpilih Sebagai Sekolah Penggerak

Martapura, KoranSN Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ikut terpilih menjadi pilot project di 23 sekolah …