50 Pemrotes Terbunuh di Myanmar Pada “Hari Aib Angkatan Bersenjata”



Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing yang menggulingkan pemerintah terpilih dalam kudeta pada 1 Februari, memimpin parade militer pada Hari Angkatan Bersenjata di Naypyitaw, Myanmar, Sabtu (27/3/2021). (Foto-Antara/Reuters)

Yangon, KoranSN

Pasukan keamanan Myanmar menembak dan menewaskan sedikitnya 50 pengunjuk rasa pada Sabtu (27/3/2021), laporan berita dan saksi mata mengatakan.

Penumpasan brutal terhadap perbedaan pendapat itu datang ketika pemimpin junta yang berkuasa mengatakan militer akan melindungi rakyat dan berjuang untuk demokrasi.

Para pengunjuk rasa yang menentang kudeta militer 1 Februari muncul di jalan-jalan Yangon, Mandalay dan kota-kota lain, menentang peringatan bahwa mereka bisa ditembak “di kepala dan punggung”, sementara para jenderal negara itu merayakan Hari Angkatan Bersenjata.

Baca Juga :   Trump Akan Tinggalkan Gedung Putih Jika Electoral College Pilih Biden

“Hari ini adalah hari yang memalukan bagi angkatan bersenjata,” kata Dr. Sasa, juru bicara CRPH, kelompok anti junta yang dibentuk oleh anggota parlemen yang digulingkan, kepada sebuah forum daring.

“Para jenderal militer merayakan Hari Angkatan Bersenjata setelah mereka baru saja membunuh lebih dari 300 warga sipil tak berdosa,” katanya, memberikan perkiraan kasar jumlah korban sejak protes pertama meletus beberapa pekan lalu.

Sedikitnya empat orang tewas ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan ke kerumunan yang memprotes di luar kantor polisi di pinggiran kota Yangon Dala pada Sabtu dini hari, Myanmar Now melaporkan. Sedikitnya 10 orang terluka, kata portal berita itu. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Jamaika Akan Deportasi Warga Kolombia Dalam Pembunuhan Presiden Haiti

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Mantan Presiden Ukraina Tiba di Kyiv untuk Hadapi Tuntutan Makar

Kiev, KoranSN Mantan presiden Ukraina Petro Poroshenko tiba di Ibu Kota Kiev pada Senin untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.