500 Anak Sikat Gigi Massal

Kajur JKG, Ismalayani diantara anak-anak MI Ahliyah yang sedang sikat gigi massal, Rabu (106).

Palembang, SN

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat kembali Poltekkes Jurusan Keperawatan Gigi mengelar kegiatan penyuluhan kesehatan gigi bagi 500 anak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ahliyah Pesantren Muqimus Sunnah di Jalan Depaten Lama Sekanak Palembang, Rabu (10/6).

Ketua Jurusan Keperawatan Gigi, Ismalayani SKM MKes mengatakan, dipilihnya MI di kawasan Depaten Lama karena kawasan tersebut termasuk kawasan padat penduduk dengan latar belakang orang tua yang bervariatif sehingga anak-anak di sekitar tempat tersebut lebih membutuhkan perawatan.

“Kita gelar kegiatan ini minimal 2 kali dalam setiap tahun dengan melibatkan PDGI dan PPGI,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pengabdian Masyarakat Jurusan Keperawatan Gigi (JKG) Poltekkes Palembang, drg Saluna Deynilisa MPd mengatakan, kegiatan yang  mengusung tema “Pembangunan Kesehatan Gigi Menuju Indonesia Sehat” ditujukan kepada anak-anak sejak usia dini karena di usia anak-anak belum banyak mengetahui cara merawat gigi maupun menyikat gigi dengan baik. “Sehingga diperlukan penyuluhan agar sejak usia dini anak-anak bisa merawat gigi sebaik mungkin,” tuturnya.

Baca Juga :   Bergilir Kepala Dinas Banyuasin Diperiksa KPK

Dikatakannya, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan JKG meliputi penyuluhan, pencabutan, penambalan, sikat gigi massal sampai penjaringan kesehatan gigi. Untuk perawatan gigi berupa pencabutan dan penambalan dilakukan terhadap 300 anak yang terindikasi untuk perawatan gigi yang rusak.

“Bila ada indikasi perawatan maka anak tersebut akan dilakukan perawatan,” tegasnya seraya mengatakan kegiatan tersebut melibatkan sekitar 16 dokter gigi dan 15 perawat serta mahasiswa dari JKG Poltekkes Palembang.

Diharapkannya, dengan adanya penyuluhan tersebut, anak-anak dapat merawat gigi sendiri sehingga gigi mereka sehat sejak usia dini. (ima)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

KPK Agendakan Juarsah Jadi Saksi Aries HB dan Ramlan di Sidang OTT Bupati Muara Enim

Palembang, KoranSN Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Muhammad Asri Irwan, Selasa (29/9/2020) mengungkapkan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.