Home / Headline / 52 Pedagang di Kawasan RS Siti Khodijah Akan Direlokasi

52 Pedagang di Kawasan RS Siti Khodijah Akan Direlokasi

Pedagang makanan di kawasan Rumah Sakit (RS) Siti Khodijah.
Pedagang makanan di kawasan Rumah Sakit (RS) Siti Khodijah.

Palembang, SN
Sebanyak 52 pedagang makanan seperti gorengan, roti bakar dan lain sebagainya yang saat ini menggelar dagangan mereka di kawasan Rumah Sakit (RS) Siti Khodijah akan direlokasi. Pasalnya, akibat dagangan tersebut maka estetika keindahan Kota Palembang menjadi rusak.
“Pedagang ini nantinya akan direlokasi ke lahan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di Jalan Arsyad Way Hitam Kelurahan Siring Agung Kecamatan Ilir Barat (IB) I,” kata Lurah Siring, Agung Koryati, Rabu (20/5).
Dijelaskannya, relokasi tersebut merupakan upaya Pemkot untuk menata kota menjelang pergelaran akbar Asean Games tahun 2018 mendatang.
“Kami sudah melakukan sosialisasi terkait relokasi tersebut, sebagian pedagang sudah setuju untuk direlokasi, namun sebagian juga ada yang menolak relokasi tersebut,” terangnya.
Ia juga menambahkan, lokasi baru yang telah disediakan Pemkot Palembang diperkirakan mampu menampung 100 lebih pedagang, serta dilahan itu juga nantinya akan ditata dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau. “Kami berharap semua pedagang nantinya setuju untuk direlokasi, sehingga kawasan di RS Siti Khodijah pun menjadi rapi,” ungkapnya.
Terpisah, Plt Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan rencana relokasi pedagang tersebut telah dipersiapkan dengan matang. Pemkot Palembang juga telah melakukan sosialisasi keseluruh pedagang untuk meyakinkan mereka bahwa berdagang dilokasi baru tersebut lebih menguntungkan.
“Kebanyakan dari pedagang kan takut direlokasi karena tak ingin kehilangan konsumen. Namun, kami telah meyakinkan pedagang tersebut agar tidak takut kehilangan konsumen, karena nantinya akan lebih banyak lagi konsumen yang berdatangan,” katanya.
Dijelaskannya, dengan direlokasinya seluruh pedagang tersebut, maka kedepannya lokasi baru ini akan menjadi salah satu pusat kuliner di Kota Palembang, mengingat banyaknya variasi dagangan yang ditawarkan. “Ya, semoga saja apa yang direncanakan ini dapat terealisasi dengan cepat, demi keindahan Kota Palembang,” ujarnya.
Di lain tempat, saat ditemui, koordinator pedagang gorengan depan RS Siti Khadijah Palembang, Rudi Hartono  mengatakan pihaknya keberatan atas rencana pemkot yang akan merelokasi para pedagang. Namun, saat ini pihaknya hanya bisa pasrah jika benar nanti akan direlokasi ke tempat yang baru.
“Jika memang kami harus direlokasi, kami berharap dapat dana kompensasi dari pemkot atas kepindahan ini,” pungkasnya.
Untuk diketahui, Pemkot Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang serta Dinas Tata Kota (Distako) Palembang telah melakukan berbagai persiapan mulai dari pengerasan jalan untuk pemasangan conblok dan penataan lainnya. Selain itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang juga akan melakukan penataan parkir sehingga dilokasi baru tersebut tidak menimbulkan kemacetan. (wik)

Baca Juga :   OCA Pantau Kesiapan Jakabaring Sport City, Sumsel Hanya Kebagian 10 Cabor Asian Games 2018

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Tobing Mengaku Jadi Tumbal Dalam Kasus Korupsi Hibah Sumsel 2013

Palembang, KoranSN Terpidana kasus korupsi dana hibah Sumsel tahun 2013, Laonma PL Tobing (Mantan Kepala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.