7 Kecamatan Belum Miliki Peta Batas Wilayah





petaPalembang, KoranSN

Peta batas wilayah kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Palembang masih belum sepenuhnya dimiliki seluruh wilayah di Palembang. Terdata dari 16 kecamatan yang ada, baru sembilan kecamatan yang memliki kejelasan batas wilayahnya.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kota Palembang, Harobin Mustafa, Rabu (10/8/2016).

“Masih ada sekitar tujuh kecamatan lagi yang masih belum memiliki peta batas wilayah dan harus segera dipetakan, karena peta wilayah ini merupakan hal yang penting agar tidak memicu sengketa lahan,” ungkapnya.

Harobin menjelaskan, Pemkot Palembang menargetkan di tahun 2017 mendatang semua kecamatan di Palembang sudah memiliki batas wilayah yang jelas termasuk juga kecamatan yang baru akan dimekarkan.

“Beberapa kecamatan berbatasan langsung dengan kabupaten lain. Terhitung ada titik perbatasan dengan Banyuasin yang patokannya sudah sesuai dengan PP No.23/2008. Namun rancangan ini tentu harus dengan rekomendasi DPRD Palembang yang selanjutnya kita usulkan ke gubernur,” jelasnya.

Baca Juga :   PWI Sumsel-Danrem 044/Gapo Sinergi Terkait Covid, Karhutla, dan Radikalisme

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Agraria dan Batas Wilayah Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Fahmi Fadillah menjelaskan, ketujuh wilayah yang belum memiliki peta batas wilayah tersebut yakni Kecamatan Kertapati dan Seberang Ulu (SU) I yang berbatasan dengan Ogan Ilir (OI), Kecamatan Gandus, Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL), Kecamatan Sukarame, Kecamatan Sako dan Kecamatan Ilir Barat (IB) I yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin.

“Hanya belum dilakukan tapal batasnya saja, untuk batas wilayah sudah jelas tetapi kondisi dilapangan belum memungkinkan untuk di tanam patok batas lahan karena masih ada beberapa kendala,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pasar Keuangan Dalam Kondisi Terjaga

Fahmi mengakui, kendala dalam menempatkan patok batas wilayah ini salah satunya yakni masih kurangnya dana. Oleh karena itu, pihaknya masih menunggu dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan di tahun ini.

“Hingga kini kami masih menunggu anggaran, jika ini bisa di anggarkan dalam APBD perubahan bisa kita selesaikan pada tahun 2017 nanti. Dalam membuat batas wilayah ketujuh kecamatan ini kami membutuhkan dana sebesar Rp 1,5 miliar,” tandasnya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Kunjungan Pemkot Palembang, Walikota Metro Belajar Soal Mall Pelayanan Publik

Palembang, KoranSN Walikota, Wakil Walikota dan Sekda Kota Metro berkunjung ke Pemerintah Kota Palembang. Kunjungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.