Operasi Hernia di RS Siloam Hanya Rp 7 Juta





DSC_0015
Dr Jimmy Varenta SpB saat paparan dihadapan awak media, Kamis (3/12). foto-sn/ferdinand deffryansyah

Palembang, SN
Bagi penderita Hernia saat ini dapat melakukan operasi di RS Siloam. Untuk tarif paket bedah hernia dimulai dari harga Rp 7 jutaan sedangkan untuk operasi bedah hernia laparaskopik Rp 29 juta. Hal tersebut dikatakan spesialis bedah RS Siloam Sriwijaya, Dr Jimmy Varenta SpB di sela-sela launching paket baru di lantai 2 chemotherapy RS Siloam Sriwijaya, Kamis (3/12).

Dijelaskannya, hernia adalah sebuah penyakit yang terjadi saat ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan di sekitarnya yang melemah. Otot biasanya cukup kuat untuk menahan organ-organ tubuh sehingga tetap di lokasinya masing-masing. Melemahnya otot tersebut dapat mengakibatkan hernia. Salah satu tindakan untuk mengobati penyakit hernia adalah dengan jalan operasi, yaitu operasi terbuka dan operasi laparaskopi.

Masing-masing operasi menurutnya, memiliki kelemahan dan keunggulan. Pada teknik open dilakukan dengan harga yang relatif terjangkau, namun pada operasi ini irisan luka pasca operasi lebih panjang, nyeri pasca operasi, angka kekambuhan lebih tinggi serta masa rawat inap rumah sakit lebih panjang. Sedangkan bila tindakan operasi laparaskopi proses operasi tanpa meninggalkan jejak, luka jahitan panjang di perut dengan waktu sakit, proses penyembuhan di rumah sakit tidak lama serta minimnya resiko lain yang akan timbul pasca operasi namun harganya lebih mahal dibanding operasi teknik open.

“Kini masyarakat Palembang tidak perlu jauh-jauh membawa anggota keluarganya untuk operasi di Singapura karena RS Siloam sudah memiliki alat cangih maupun tenaga medis yang profesional yang dapat melakukan tindakah operasi penyakit hernia,”tuturnya.

Baca Juga :   Telkomsel Ajak Pelanggan Mudik

Salah satu jenis hernia yang paling umum terjadi dikatakannya, yaitu hernia inguinalis sebuah kondisi dimana sebagian dari usus keluar dari rongga perut bawah ke arah sekitar alat kelamin. Kasus hernia inguinalis lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan yakni 12 berbanding satu.

“Pada hernia inguinalis, benjolan biasanya akan muncul saat mengangkat sesuatu dan akan menghilang saat dalam posisi berbaring,” ujarnya.

Menurutnya, meski hernia inguinalis sendiri tidak berbahaya, kondisi ini bisa menciptakan komplikasi yang bisa membahayakan nyawa seseorang. Untuk menangani hernia inguinalis yang terasa sakit dan membesar, dokter akan menyarankan prosedur operasi perbaikan hernia inguinalis. Tujuan dari operasi hernia adalah menyingkirkan hernia yang muncul dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih berbahaya.  (ima)







Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Sukses Energize SUTET 275 kV Muara Enim-Gumawang dan GITET 275 kV Gumawang, PLN Gelar Tasyakuran dan Doa Bersama Anak Yatim

OKU Timur, KoranSN PLN meresmikan SUTET 275 kV Muara Enim-Gumawang dan berhasil menambah kapasitas pasokan …

Tidak Ada Komentar

  1. Sy Charles
    Saat ini di JKT mau operasi hernia juga di mana ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!