Ketika Sumsel Makin Menggeliat

The athletes from host country Indonesia marching in front of honor podium during SEA Games 2011 opening ceremony, Friday, 11-11-2011. Gelora Sriwijaya Stadium, Palembang, Indonesia.

GELIAT pembangunan di Sumsel makin semarak, tak ada yang bisa memungkirinya. Saat ini banyak kemajuan yang diraih Sumsel. Banyak sudah perubahan yang terjadi.

Provinsi Sumsel  yang  secara geografis  berbatasan dengan Provinsi Jambi di utara, Provinsi Kepulauan  Bangka-Belitung di timur, Provinsi Lampung di Selatan dan Provinsi Bengkulu di barat,
kalau dilihat dari sisi pembangunan, semua harus objektif menilainya. Memang telah menunjukkan perkembangan yang pesat dalam berbagai bidang. Seperti pembangunan fisik infrastruktur maupun mental dan spiritual.

Saat ini saja kita bisa melihat percepatan pembangunan LRT, jalan Tol Palembang-Inderalaya, dan banyak lagi. Bahkan akhir Januari 2016 nanti segera di bangun Jembatan Musi IV.

Tetapi untuk kita camkan, kita tidak boleh puas dengan apa yang dicapai sekarang ini, karena masih banyak  sekali Pekerjaan Rumah (PR) yang harus dilakukan,  terutama untuk pelayanan masyarakat.

Berhasil memberikan pelayanan kesehatan menjadi catatan penting bagi Pemprov Sumsel, karena saat ini ada dua rumah sakit berstandar internasional yang sudah berdiri, yakni rumah sakit gigi dan mulut serta rumah sakit mata.  Nah, tak lama lagi segera hadir Rumah Sakit  Provinsi Sumsel di lokasi yang sama.

Baca Juga :   Pelajaran dari Banyaknya Bencana

Peningkatan standar pelayanan kesehatan juga terus dilakukan, dan ini tentunya dirasakan penuh oleh rakyat.

Tak hanya itu, pemerintah juga terus dan telah berhasil menekan angka kemiskinan. Tetapi kita semua harus jujur, soal menurunkan angka kemiskinan ini adalah tuga kita sama-sama, tak bisa mengandalkan  pemerintah. Masalah kemiskinan menjadi permasalahan di tiap daerah dan semua negara di dunia. Tetapi dengan peningkatan kwalitas pendidikan, otomatis persentasi kemiskinan akan menurun.

Selain menurunkan angka kemiskinan, Sumsel juga punya tugas untuk menurunkan angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Menjadikan Sumsel terus menjadi provinsi terdepan harus dilakukan aparatur pemerintah. Dalam konfrensi pers menutup tahun 2015 Gubernur Alex Noerdin menyatakan komitmennya untuk  menciptakan lapangan kerja bagi rakyat Sumsel. Cara yang harus dilakukan salahsatunya dengan menggaet banyak investor untuk berinvestasi di Sumsel.

Baca Juga :   LRT, MotoGP, dan Asian Games

Untuk itu kita sebagai  warga Sumsel harus cerdas dalam melihat pembangunan yang ada saat ini. Karena untuk kedepan masih banyak yang harus diperbuat. Kita harus terus sama-sama mengevaluasi, bagaimana pembangunan berjalan sepatutnya.

Satu ini yang harus digarisbawahi, Sumsel yang terkenal dengan bahan galian tambang dan sumber daya alam  yang melimpah, harus benar-benar dimanfaatkan untuk rakyat secara menyeluruh.

Memanfaatkan bahan galian dan sumber daya alam  tercantum dalam Undang Undang Dasar 1945. Apakah kondisi tersebut sudah diaplikasikan secara utuh? Ini beban berat bagi pemerintah, ternyata eksplorasi bahan galian belum menyentuh rakyat secara umum. (***)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Pengabdian Tanpa Akhir Sang Mantan Gubernur Sumsel

  Oleh Zulkarnain Alregar KETIKA pertama kali Provini Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.