98 Warga Desa Sungai Rengit Gugat Hasil Pilkades

Suasana rapat warga Sungai Rengit Murni dengan Komisi I DPRD. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Sungai Rengit Murni Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, dinilai cacat hukum.
Pasalnya, sekitar 98 warga yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak dapat memilih. Hal ini terungkap saat warga mendatangi Komisi I DPRD Banyuasin untuk menggugat dan diduga ada kecurangan yang dilakukan oleh panitia.

“Kami atas nama warga Desa Sungai Rengit Murni meminta Pilkades diulang, karena dari DPT sebanyak 1288 suara, ada 98 mata pilih yang tidak dapat undangan untuk memilih,” ujar salahsatu perwakilan warga, Imron H Aris saat diterima di ruang rapat Komisi I DPRD Banyuasin, Senin (20/11/2017).

Baca Juga :   1 Rumah Sakit dan 2 Puskesmas di Empat Lawang Belum Terakreditasi

Imron yang juga Anggota pembina Adat Kabupaten Banyuasin ini meminta pemilihan Kades di Desa Sungai Rengit Murni diulang dan panitia Pilkades juga diproses secara hukum, sebab telah mencindrai jalanya Pilkades di Banyuasin.

“Apalagi kemenangan kades terpilih dengan rivalnya hanya terpaut hanya belasan suara,” ujarnya.

Dari data didapat, dari jumlah DPT 1288 pemilih di Desa Sungai Rengit, yang hadir sebanyak 929 suara, dan yang tidak hadir 354 suara, serta yang tidak mendapat undangan tapi masuk DPT 98 orang.

Tampak belasan orang menyampaikan berkas pengaduanya langsung diserahkan ke komisi I yang diterima oleh anggotanya Hj. Ismiyati didampingi Syasul Rizal, Ilham Hadi dan Darul Qutni.

Baca Juga :   Aparat Penegak Hukum di Lubuklinggau Gelar Sinkronisasi Criminal Justice System

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Banyuasin, Ilham Hadi menyatakan menerima pengaduan warga, dan akan melakukan pengecekan di dinas catatan sipil, untuk mencocokkan data yang disampaikan dengan data sebenarnya yang ada di dinas catatan sipil. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Dua Desa di Muba Dilanda Bencana Banjir

Palembang, KoranSN Dua desa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terendam banjir akibat hujan dengan intesitas …