ACT Sumsel Bangun Sumur di Pelosok Palembang



Tim ACT Sumsel bercengkrama bersama warga Desa Keramasan Palembang di dekat sumur wakaf donasi Global Wakaf ACT, Rabu (3/7/2019). (foto-antaranews)

Palembang, KoranSN

Lembaga Sosial Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan melalui Global Wakaf membangun sumur untuk warga di wilayah pelosok Kota Palembang.

Branch Manager ACT Sumsel Ardiansyah di Palembang, Rabu (3/7/2019), mengatakan pembangunan sumur bertujuan agar warga setempat mendapatkan akses air bersih dalam mengantisipasi musim kemarau.

“Alhamdulillah sumur wakaf ini merupakan bagian ikhtiar ACT Sumsel membantu warga supaya mendapatkan air bersih yang layak, selain itu kami juga membangunkan MCK dan tempat mencuci di samping sumur ini,” ujar dia.

Baca Juga :   Doktor Mengabdi UB Sosialisasi Mitigasi Bencana di Kota Batu

Dia mengatakan sumur tersebut berada di Jalan Dayang Rindu Keramasan RT03/RW01 Desa Keramasan, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Sumur dibangun dari dana himpunan para pewakaf tetap yang mendonasikan uangnya melalui ACT.

Desa Keramasan, kata dia, merupakan salah satu wilayah yang belum tersentuh penyediaan air bersih PDAM. Setiap hari warga setempat memanfaatkan air sungai sekitar untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci.

Kondisi sungai tersebut berada di antara pabrik karet dan pabrik sawit sehingga tercemar limbah pabrik.

“Sehari-hari kami mengangkut air sungai menggunakan gerobak, tapi air sungai itu terkadang membuat badan jadi gatal-gatal, warnanya kuning bahkan hijau karena tercemar limbah pabrik, apalagi tiba musim kemarau stok air pasti menipis,” kata salah seorang warga setempat, Lastri.

Baca Juga :   Kabupaten Maluku Tenggara Fokus Pembangunan Infrastruktur Tahun 2022

ACT Sumsel juga menargetkan pembangunan sumur wakaf di 20 titik lainnya yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan. Masyarakat dapat menyalurkan donasinya melalui rekening khusus wakaf 66 0000 940 atas nama Yayasan Global Wakaf dan konfirmasi melalui Whatsapp 081369007979. (Antara/ags)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Binda Jateng Bantu Tingkatkan Cakupan Vaksinasi COVID-19 di Kudus

Kudus, KoranSN Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah membantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.