Agar Tak Nyimpang, Kejari PALI Awasi Penggunaan Dana Desa



Yunitha Arifin. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Tekait telah digulirkannya dana desa ke 65 Desa yang ada di Kabupaten PALI,  Kejari Kabupaten PALI berjanji akan melakukan pengawasan dalam penggunaan dana desa agar tidak menyimpang dan menyalahi aturan yang berlaku.

Hal itu diungkapkan Kepala Kejari Kabupaten PALI, Yunitha Arifin saat dijumpai Suara Nusantara di kantornya di bilangan Simpang Pahlawan Kelurahan Talang Ubi Selatan Kecamatan Talang Ubi, Rabu (7/6/2017).

Menurutnya, dalam pengawasan pihaknya bisa melalui dua cara yakni pencegahan serta pengawasan.

“Kalau pencegahan pihak kami memiliki dua instrumen, yakni Tim Pengawal Pengaman Pemerintah Pembangunan Daerah (TP4D) dan Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun),” jelas Yunitha.

Baca Juga :   SMKN 1 Tanah Abang Gunakan Android Dalam USBN

Yunitha juga menerangkan untuk pencegahan, pihaknya harus kerjasama terlebih dahulu dengan dinas terkait.

“Artinya begini, dalam hal pencegahan, pihak kejaksaan akan memberikan pendampingan dan sosialisasi tentang hukum sehingga dalam pelaksanaan penggunaan DD, perangkat desa serta unsur terkait tidak menyalahi aturan karena sudah berikan pendampingan hukum terlebih dahulu,” bebernya.

Selain pencegahan, instrumen lain yang bisa digunakan yaitu pengawasan. Karena, sebagai penegak hukum kejaksaan tentu akan melakukan tindakan tegas jika memang ada laporan dan temuan dari penggunaan DD yang menyimpang.

“Pasti, walaupun tidak diminta yang namanya kejaksaan akan tetap melakukan pengawasan dan melakulan penindakan hukum bilamana terdapat penyimpangan penggunaan DD. Akan tetapi, ini dibutuhkan peran serta masyarakat setempat,” katanya.

Baca Juga :   Pasien RSUD Kayuagung Terlantar

“Karena masyarakat merupakan unsur pengawas yang paling dekat. Untuk itu kepada masyarakat, jangan takut untuk melapor kepada kita bila memang dalam penggunaan DD terjadi penyimpangan dan menyalahi aturan,” pesannya kepada masyarakat. (ans)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

50 Pelajar Terbaik di Muaraenim Diklat Paskibraka

Muaraenim, KoranSN 50 pelajar SMA sederajat di Kabupaten Muaraenim mengikuti Diklat Paskibraka guna mengibarkan bendera …