AHY Tanam Pohon Duren Sebagai Simbol Pelestarian Lingkungan









AHY menanam pohon Durian sebagai simbol komitmen terhadap deklarasi di hadapan beberapa tokoh masyarakat, anggota LAM. (Foto-foto/Istimewa)

Pekanbaru KoranSN

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sabtu (4/11/2017) memenuhi undangan silaturahmi dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) di aula LAM Pekanbaru, Riau.

Dalam cara tersebut, AHY yang juga pendiri AHY Foundation, sebuah lembaga non-profit yang fokus pada isu pendidikan, kesehatan dan lingkungan ini, menandatangani Deklarasi Peduli Lingkungan bersama LAM.

Deklarasi ini memiliki komitmen untuk memajukan dan melestarikan lingkungan hidup dalam kehidupan sosial, budaya dan masyarakat Melayu di Provinsi Riau.

Setelahnya, AHY menanam pohon Durian sebagai simbol komitmen terhadap deklarasi itu. Pohon tersebut ditanam di hadapan beberapa tokoh masyarakat, anggota LAM.

AHY mengekspresikan rasa syukurnya karena dapat bersinergi dengan LAM.

Baca Juga :   Jawa Barat Salurkan Bantuan Rp500 Juta untuk Korban Banjir di Banten

“Saya syukuri, dan merasa terhormat berada di tengah Tuan-tuan, Puan-puan, para Datuk dan Datin yang memiliki sebuah harapan dan cita-cita besar yang sama untuk daerah dan negerinya,” ucap AHY.

“Semoga dengan simbolisasi penanaman pohon ini, daerah dan Kota Pekanbaru serta masyarakat Riau secara keseluruhan semakin hari semakin baik kehidupannya, semakin sejahtera dan daerah ini semakin maju,” lanjutnya.

AHY saat disambut dengan tari persembahan Sekapur Sirih.

Sebelumnya, AHY yang menghadiri undangan LAM disambut dengan tari persembahan Sekapur Sirih. AHY juga ikut memakan sirih, mengikuti tradisi tersebut.

Memasuki aula LAM, dinding-dinding di aula dihiasi dengan ukiran-ukiran bermotif Melayu. Tampak pula papan tersusun rapih dengan motif Pucuk Rebung.

Di depan dan dalam pintu, terlihat pemandangan papan Gurindam 12, yaitu sastra mahakarya Ali Haji yang merupakan sastrawan, ulama, dan pujangga tersohor di kalangan masyarakat Melayu. Gurindam 12 berisi petuah-petuah tentang kehidupan, agama dan keluarga.

Baca Juga :   3.900 Warga Kabupaten Selayar Mengungsi Dampak Gempa M7,4 Laut Flores

Dalam suasana yang tenang, AHY beserta rombongan dengan khusyuk mendengarkan petuah-petuah, ceramah serta menikmati alunan Al-Quran di aula tersebut. Pada kesempatan itu pula AHY yang duduk di Peterakna, singgasana khas Melayu, mengikuti prosesi Tepul Tepung Tawar, yaitu, prosesi adat yang melambangkan rasa syukur dalam adat Melayu.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAM, Datuk Sri Haji Al Azhar, Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian Lembaga Adat Melayu R

iau, Datuk Sri Haji Syahri Abu Bakar, Walikota Pekanbaru, Firdaus, Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyin, Ketua DPRD Provinsi Riau, Septina Primawati dan Wakil Bupati Pelawawan, Zardewan. (ded/rell)

AHY saat menandatangani Deklarasi Peduli Lingkungan bersama LAM. 











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Jokowi Dijadwalkan Gelar “Open House” di Jakarta saat Lebaran

Jakarta, KoranSN Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menggelar acara ramah-tamah …

error: Content is protected !!