Ajak Guru & Siswa di OKI Hidup Sehat

Perwakilan Kemenkes RI berfoto bersama. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Meski sudah pengujung tahun, sosialisasi program Gerakan Hidup Sehat (Germas) masih intens dilakukan. Kali ini, giliran guru dan siswanya diberikan pencerahan cara hidup sehat.

Lebih kurang 150 guru dan siswanya berkumpul di Aula Hotel Dinesty II Kayuagung kemarin untuk mendapatkan penjelasan program Germas dari Kemenkes RI dan Dinkes OKI. Menjaga pola makan dan banyak mengkonsumsi sayur/buahan segar merupakan tipsnya.

Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI dr Eni Gustina MPH dan Ahli Gizi Masyarakat DR dr Tan Shot Yen MHum menjelaskan, kunci agar hidup sehat yakni menjaga pola makan dengan cara mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

“Anak harus sarapan yang sehat di rumah, jangan mengkonsumsi jajanan di sekolah karena cenderung ada bahan pengawet dan pemanis buatan. Buah dan sayur jangan diblender karena kandungan gizi dan gulanya akan berkurang,”saran Eni.

Kepala Dinas Kesehatan OKI HM Lubis SKM MKes didampingi Iwan Setiawan SKM MKes (Sekdin) dan dr Heriyan Rhido AP selaku Kabid Kesehatan Masyarakat menambahkan, kesehatan merupakan segala galanya. “Semoga masyarakat OKI menjaga prilaku hidup sehat,”harap Lubis.

Lubis menghimbau masyarakat agar mengurangi makan gorengan, jangan memanggang makanan langsung di atas bara api. Jika membakar/memanggang makanan harus dibungkus daun pisang. Porsi makanan juga harus seimbang, pada usia pertumbuhan harus banyak mengkonsumsi protein.

Baca Juga :   ADD & DD di OKI Meningkat 30 Persen

“Intinya makanlah sesuai kebutuhan, bukan makan sesuai keinginan. Sosialisasi Germas juga menjelaskan cara mengolah makanan secara baik sehingga bermanfaat bagi kesehatan,”tambah Kadinkes OKI. Kemarin juga diselenggarakan senam peregangan dan makan buah bersama seluruh peserta dan penandatanganan komitmen Germas. (iso)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Sampoerna Agro Raih Apresiasi Wajib Pajak dari KPP Madya Palembang

Kayuagung, KoranSN PT Sampoerna Agro Tbk melalui anak usahanya yaitu PT Telaga Hikmah dan PT …

error: Content is protected !!