Ajukan 12 Nama Sebagai Plt, Alex; Awal Februari Keputusan Mendagri Keluar

Alex Noerdin. (foto-dok/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel sudah menyiapkan sejumlah nama pejabat yang akan ditugaskan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala daerah guna mengisi kekosongan pimpinan di sejumlah kota selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Senin (15/1/2018) mengatakan, sudah ada sedikitnya 12 nama pejabat senior Pemprov Sumsel yang telah diajukan kepada Kemendagri guna menjabat sebagai Plt kepala daerah. Dimana, akan ditempatkan Plt kepala daerahn semuanya terdiri dari berbagai kota di Sumsel, yakni Palembang, Prabumulih, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

Menurutnya, munculnya 12 nama tersebut mengingat pengajuan untuk satu daerah terdiri dari tiga nama kandidat. Nantinya, Kemendagri akan memilih satu nama.

“Kandidatnya ada 12 orang yang akan mengisi empat kota sebagai jabarat Plt kepala daerahnya dan persetujuan dari Kemendagri akan keluar di awal Februari mendatang atau sebelum penetapan pasangan dari KPU,” ungkap Alex Noerdin.

Alex mengatakan, meski di Sumsel ada sembilan daerah dan satu provinsi yang menyelenggarakan pilkada, namun tidak semua kabupaten/kota akan diisi oleh pelaksana tugas. Sebab, penempatan pelaksana tugas hanya bagi daerah yang jika walikota atau bupati atau wakilnya turut ikut maju sebagai peserta Pilkada.

“Bisa juga nanti wakil walikota atau wakil bupati yang tidak ikut dalam pilkada, kita perkuat statusnya untuk menjabat kepala daerah sementara,” ujarnya.

Meski enggan menyebutkan nama-nama calon yang dipersiapkan menjadi pelaksana tugas kepala daerah tersebut. Namun, jelas Alex, kriterianya harus lah seorang pejabat senior, mulai dari tingkat eselon jabatan hingga golongan kepangkatan. Pasalnya, hal itu ditujukan agar Plt kepala daerah tersebut mampu menjaga iklim kondusifitas selama penyelenggaraan Pilkada berlangsung.

Baca Juga :   STIKes Muhammadiyah Palembang Jalin Kerja Sama dengan National Taipei University of Nursing and Health Sciences (NTUHS)

“Apalagi tahun ini Sumsel juga menjadi tuan rumah penyelenggaran Asian Games. Jadi, orang yang ditunjuk sebagai Plt tersebut merupakan harus orang yang tepat,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, syarat menjadi pelaksana tugas kepala daerah harus berasal dari pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. Seperti jabatan Eselon II dan kepangkatan minimal 4 (d).

“Penunjukan siapa yang bakal menjadi pelaksana tugas kepala daerah adalah hak prerogatif seorang Gubernur, jadi kita juga tidak tau siapa nama0nama yang diajukan ke Kemendagri,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Berikan Remisi Khusus Hari Anak Nasional Kepada 94 Anak Binaan

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan menyatakan sebanyak 94 anak binaan mendapatkan remisi khusus …

error: Content is protected !!