Akademisi Nilai Kekuatan Desa di Bali Pengaruhi Kemenangan Politis





Dosen Ilmu Politik Universitas Udayana Bali Efatha Filomeno Borromeu Duarte memberikan pernyataan di Denpasar, Bali, Selasa (24/1/2023). (Foto/Antara)

Denpasar, KoranSN

Dosen Ilmu Politik Universitas Udayana Bali Efatha Filomeno Borromeu Duarte menilai kekuatan desa di Bali dapat memengaruhi kemenangan politis baik di eksekutif maupun legislatif.

Efatha mengatakan hal itu di Denpasar, Selasa (24/1/2023), guna menanggapi pernyataan kepala desa yang akan menghabisi suara partai politik apabila tidak mendukung rencana kebijakan perpanjangan masa jabatan dari enam menjadi sembilan tahun.

Baca Juga :   Pemkab Bangkalan Ajukan Bantuan Perbaikan Belasan Dam Rusak ke Pusat

Dia menjelaskan fakta soal kedekatan pemimpin desa di Bali dengan masyarakatnya dapat memberikan potensi besar rakyat mengikuti arahan kepala desa setempat dalam hal memenangkan partai politik tertentu.

“Kalau hal tersebut diungkapkan secara gamblang, saya kira itu (kemampuan kepala desa) sudah terdengar di mana-mana; dan manusia pasti akan mendahulukan kepentingan kelompok atau pribadi dalam kontestasi politik,” katanya.

Meskipun kemampuan kepala desa dalam menggiring massa sudah terdengar sejak dulu, Efatha menyebut praktik tersebut bukan mendarah daging. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Satgas TNI Bantu Perlengkapan Olahraga Warga Perbatasan RI-PNG





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Dikes Lombok Tengah Gelar Fogging Cegah Kasus DBD

Praya, Lombok Tengah, KoranSN Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat melakukan pengasapan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!