Akbar Alvaro Rebut Suara Pemilih Pemula

Grafik pemilih berdasarkan umur hasil survei LKPI. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Bakal Calon Walikota Palembang 2018-2023 M. Akbar Alfaro, berhasil merebut suara pemilih pemula di Kota Palembang, yang sebelumnya banyak belum menentukan pilihan (massa mengambang).

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto dalam keterangan persnya, Minggu (19/9/2017).

“Dari temuan survei akhir bulan Oktober yang dilakukan di Kota Palembang, ada kenaikkan yang cukup signifikan dari M. Akbar Alfaro khususnya dari elektoral pemilih pemula. Tarikan elektoral yang disedot M.Akbar Alfaro cukup besar

dibandingkan calon-calon lainnya. Terlebih lagi ketika nama Lury Elsa Alex Noerdin yang menyatakan paska tidak majunya sebagai calon walikota Palembang,” ungkap Arianto.

Arianto membeberkan, survei bulan Agustus akhir, pemilih pemula yang menjatuhkan pilihannya kepada pria yang terkenal dengan Gerakan Peduli Sesama (GPS) ini masih rendah, 3,9 persen, sementara Lury Elza Alex Noerdin 9,9 persen. Namun, setelah survei akhir bulan Oktober pasca Lury Elsa Alex Noerdin menyatakan tidak ikut maju dalam pertarungan Pemilihan walikota Palembang 2018, pemilih pemula yang tadinya merupakan basis suara Lury beralih ke Akbar Alfaro.

“Dari simulasi yang dilakukan, setelah nama Lury Elza Alex Noerdin dihilangkan dari berbagai pertanyaan semi terbuka dan tertutup, tumpahan pemilih pemula yang tadinya memilih Lury Noerdin beralih ke M. Akbar Alfaro. Tadinya Lury sangat kental dengan pemilih pemula, ternyata setelah disimulasi dengan menghilangkan nama Lury, pemilih pemula menjatuhkan pilihannya kepada M. Akbar Alfaro,” bebernya.

Baca Juga :   4 Pejabat Ikuti Lelang Jabatan Asisten IV

“Dari sebelumnya 3,9 persen pemilih pemula M. Akbar Alfaro, survei akhir Oktober menjadi 15,6 persen. Lebih dari 70 persen pemilih pemula Lury beralih ke M Akbar Alfaro. Sementara 30 persen dari angka tersebut ke Harnojoyo, Sarimuda,” terang mantan Kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI) Sumsel, babel dan Bengkulu ini.



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pj Walikota Apresiasi Kehadiran Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian di Palembang, Launching 3 Program Sekaligus

Palembang, KoranSN Meresmikan tiga program sekaligus yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, kehadiran Ketua Umum TP …

error: Content is protected !!