Akhir Tahun, Kades Harus Berikan Laporan ke BPD

Husin Haikal. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Kepala Desa (Kades) harus memberikan laporan pertanggung jawaban kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setiap akhir tahun. Bila kades tak memberikan, BPD berhak meminta.

Demikian dikatakan Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-P3A) Firdaus melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Husin Haikal, Rabu (27/12/2017).

“Bila Kades tidak memberikan laporan, BPD berhak meminta,” kata Haikal.

Laporan pertanggung jawaban Kades, sebenarnya sudah jelas didalam Permendes. “Kalau kades tidak singkron dengan BPD, bagaimana mereka akan membuat APBDes tahun 2018. Yang menandatangani APBDes itu Kades dengan BPD,” ungkapnya.

Jika Kades tidak mau melaporkan pertanggung jawaban kepada BPD lanjut Haikal, maka BPD berhak tidak menandatangani APBDes ditahun selanjutnya.

“Ya bagaimana mau bangun dan mencairkan anggaran tahun depan sedangkan APBDes tidak ditandatangani oleh BPD. BPD itu sama saja DPRD desa,” ucapnya.

Sementara, Alamsyah, Ketua BPD Noman mengatakan, sejauh ini belum ada penyerahan laporan pertanggung jawaban dari pemerintah desa ke BPD, tetapi akan segera dikoordinasikan.

“Ia kami mengetahui adanya aturan Permendes tentang laporan akhir tahun. Sehingga, kami juga akan meminta pemerintah desa untuk transparan,” ujarnya.

Baca Juga :   Hari Ini, 210 Kades Terpilih Mulai Dilantik

Ia menjelaskan anggaran yang telah dikelolah pihak pemerintah cukup besar sehingga BPD juga harus mengetahui ketepatan dalam pengelolaan anggaran tersebut. “Itu sudah diatur, jadi kami harus mengetahui hal itu, dan nantinya bisa dijelaskan langsung kepada masyarakat,” pungkasnya. (snd)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!