Alamat Sama, Kena Pajak Progresif





plt-kadispenda-sumsel-marwan-fansuri-2
Marwan Fansuri. foto-doc/alwi/koransn.

Palembang,KoranSN
Bagi pemilik kendaraan yang melebihi 2 unit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel menerapkan aturan pajak progresif terbaru, dimana aturan tersebut jika alamat kendaraan sama maka akan dikenakan pajak progresif.

“Memang dahulu pajak progresif ini telah diterapkan, tapi hanya menyasar nama ke pemilikan yang sama bukan alamat,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispenda Sumsel, Marwan Fansuri, saat ditemui di Pemprov Sumsel, Rabu (23/11/2016).

Dengan aturan baru ini, lanjut Marwan, meski namanya berbeda namun alamatnya sama maka akan dikenakan pajak progresif. Seperti, jika mobil pertama atas nama suaminya, mobil kedua atas nama istri dan mobil ketiga atas nama anak, dan alamat (di STNK) sama maka akan dikenakan tarif pajak progresif.

Baca Juga :   Bantu Korban Tsunami Lampung, Sumsel Kirim 21 Ton Beras dan Dapur Umum

“Kalau dulu kan banyak setiap STNK berbeda nama sehingga menghindari pajak progresif,” terangnya.
Dirinya menerangkan, penerapan aturan baru pajak progresif ini mengacu pada peraturan Gubernur Sumsel (Pergub) yang dikeluarkan yakni Pergub nomor 31 tahun 2016 tentang petunjuk pelaksana perubahan kedua Perda Nomor 3 Tahun 2011 tentang pajak daerah.

“Kami harap dengan aturan baru ini dapat meningkatkan realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Sumsel,” ujarnya.Dirinya menambahkan, sejauh ini realisasi pemutihan pajak PKB sesuai progres, bahkan baik dalam penerimaannya. Setidaknya, target berdasarkan ABT 2016, untuk pemutihan 4 bulan hampir dicapai dalam 2 bulan saja. Dirinya juga mengaku optimis dari sisi program pemutihan PKB akan mampu melampaui target yang ditetapkan. “Realisasi pemutihan pajak, per bulannya bisa lebih Rp 110 miliar, padahal target kita dala, 4 bulan Rp 297 miliar,” tandasnya. (wik)

Publisher : Alwin

Lihat Juga

Herman Deru Didaulat Menjadi Ketua Ikatan Alumni Unversitas Sjakhyakirti

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru secara resmi didaulat menjadi Ketua Ikatan Alumni (IKA) …