Alami Morning Sickness, Ibu Hamil Wajib Jaga Kesehatan Mulut





Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Sudah menjadi hal yang wajar mengalami morning sickness pada hampir seluruh wanita yang sedang hamil muda. Bahkan, morning sickness seringkali membuat para wanita hamil kesulitan menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.

Morning sickness merupakan gejala hamil di trimester satu berupa mual, muntah, dan pusing. Hal ini membuat para wanita kesulitan menjaga kebersihan gigi dan mulutnya karena mual yang terus menerus.

“Pertama, ibu hamil bisa menghindari makanan yang bersifat tidak baik secara nutrisi maupun yang memicu mual. Kemudian, jangan lupa sering berkumur saat sedang tidak mual agar mulut tetap bersih,” ujar Spesialis Periodonsia RSPI, drg. Dedy Yudha, Sp.Perio., dalam temu media RS Pondok Indah Group di kawasan Blok M, Jakarta.

Baca Juga :   Tiga WNI Dikonfirmasi Positif Covid-19 di Brunei Darussalam

Setelah itu, wanita hamil tetap disarankan untuk rajin menyikat gigi meski mual melanda. Jika rasa pasta gigi terasa menganggu, bisa dihindari terlebih dahulu.

“Oral hygiene harus tetap baik, kalau bisa sikat gigi dengan pasta gigi. Kalau mual, gak usah pakai pasta gigi dulu,” terangnya.

Kebersihàn gigi pada wanita hamil sangat penting untuk kesehatan dirinya dan juga janin dalam kandungan. Sebab, kotoran yang menumpuk di mulut bisa memicu peradangan dan berbahaya pada janin.

“Kalau kotoran menumpuk karena kuman, lalu sebabkan peradangan di jaringan penyangga gigi atau periodontitis, infeksi bisa menyebar hingga ke janin dan menyebabkan cacat janin. Maka, penting ibu hamil menjaga kebersihan giginya.” (viva.co.id)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

PPIH Batam Terima Bantuan 20 Kursi Roda dari Pemprov Kepri

Batam, KoranSN Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam menerima bantuan berupa 20 kursi roda …

error: Content is protected !!