Anak Sungai Sekanak Terabaikan

sungai sekanak
FOTO-SN/FERDINAND

Palembang, SN

Anak Sungai Sekanak di Jalan Lunjuk Jaya, RT 30 Kelurahan Bukit Lama seolah terabaikan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, pasalnya sudah sejak lama anak sungai ini tidak pernah dilakukan normalisasi, sehingga banyak sampah dan eceng gondok yang menumpuk.

Berdasarkan pantauan, saat kegiatan gotong-royong yang dihadiri langsung Walikota Palembang, H Harnojoyo dan dilakukannya pengerukan menggunakan ekskavator, banyak tumpukan sampah dan eceng gondok, bahkan anak sungai tersebut pun menjadi dangkal akibat banyaknya tumpukan sampah itu.

Iwan (40), salah satu warga Lunjuk Jaya membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, sudah sejak lama Pemkot Palembang ini tidak pernah melakukan normalisasi di anak Sungai Sekanak ini, akibatnya terkadang sungai tersebut menghasilkan aroma tidak sedap bagi yang tinggal dipinggiran Sungai itu.  “La lamo pak anak sungai ini dak pernah dikeruk, jadi wajar be kalu sampahnyo numpuk dan bau,” katanya saat ditemui dilokasi, Minggu (4/10).

Baca Juga :   5 UPKK Gapoktan Banyuasin Diperiksa Kejati Terkait Dugaan Korupsi Program SERASI 2019

Menurutnya, tindakan pemkot selama ini seolah tidak memperdulikan kelestarian anak Sungai, padahal jika salah satu aliran bermasalah maka aliran yang lainnya akan ikut bermasalah. Ditambah lagi pemkot selalu mengganggarkan dana untuk normalisasi, namun tidak pernah melakukan normalisasi. “Baru kali ini, Pemkot bahkan Walikota nyo nian yang turun ke Sungai untuk membersihke anak Sungai ini,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Lurah Bukit Lama, Alexander. Dikatakannya, memang sudah sangat lama anak Sungai Sekanak ini tidak dilakukan normalisasi, bahkan sudah mencapai hampir 5 tahun tidak dilakukan normalisasi. Namun, bukan sengaja diabaikan karena memang dikawasan tersebut tidak pernah terjadi banjir.

“Kami tidak menyangka ternyata kondisi anak Sungai Sekanak seperti ini, karena tempat ini tidak pernah terjadi banjir, karena itu, kami hanya fokus membersihkan anak yang sering menyebabkan banjir seperti di Tanjung Rawo,” katanya.

Baca Juga :   Kejati Tegaskan Penyidikan Umum Perkara Dugaan Korupsi Pasar Cinde Mangkrak Terus Berlanjut

Namun, sambung Alex, kedepan pihaknya akan memperhatikan setiap anak Sungai yang berada dikawasannya. “Nanti saya juga akan meminta bantuan warga sekitar untuk tetap menjaga anak sungai ini setelah dilakukannya normalisasi,” terangnya.

Sementara itu, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, kejadian seperti ini diharapkan tidak akan terjadi lagi kedepannya. “Saya minta dinas terkait serta Lurah dan Camat, untuk lebih memperhatikan kebersihan anak Sungai Sekanak ini,” tegasnya.

Selain itu, H Harnojoyo juga mengharapkan warga sekitar untuk membantu menjaga kebersihan Sungai, karena kebersihan merupakan tanggung jawab bersama, meskipun wilayah disekitar Sungai tidak mengalami banjir. “Kami juga akan membangun jembatan, jalan inspeksi agar masyarakat dapat lebih mudah membersihkan anak Sungai Sekanak ini,” tandasnya. (wik)



Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Kejati Sumsel Perdalam Penyidikan Dugaan Korupsi Pajak

Palembang, KoranSN Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari SH MH, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!