Anggota PPS Mulai Dilantik

Tampak para anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Ogan Ilir yang dilantik. (foto-herman/koransn.com)

Indralaya, KoranSN

Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di sejumlah daerah di Sumsel untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, mulai dilantik. Di Kabupaten Ogan Ilir (OI) sebanyak 732 anggota, sementara di Prabumulih 111 anggota PPS.

Di OI, pelantikan 732 orang PPS dilakukan oleh KPU Ogan Ilir (OI) yang berlangsung di Aula Caram Seguguk Kantor Terpadu Tanjung Senai, Jumat (10/11/2017).

Ketua KPU OI, Annahrir dalam sambutannya mengatakan, dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel tahun 2018 gelombang ke tiga dalam Pilkada serentak se-Indonesia diharapkan anggota PPS bekerja sesuai dengan aturan dan terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.

“Anggota PPS diharuskan bisa memahami kode etik sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu dan bisa bersikap netral,” ujarnya.

Selain itu, PPS juga harus bisa memahami kondisi politik di daerah masing-masing dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra pelaksana pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel yang pada akhirnya dapat mengurangi kualitas hasil pemilu.

Baca Juga :   Polsek Talang Ubi Sebarkan DPO Kasus Pembunuhan

“Harapan kami, penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel tahun 2018 dapat berjalan jujur, adil, aman, dan damai serta tentu saja lebih berkualitas dibandingkan dengan pemilihan umum yang telah dilaksanakan sebelumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, pelantikan 111 anggota PPS se-Kota Prabumulih dilaksanakan di Hotel Grand Nikita, Jumat (10/11/2017).

Asisten I Pemkot Prabumulih Asmuni Hambali yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, sebagai penyelenggara pemilu, PPS dituntut profesional dan memahami fungsi dan tugas PPS seutuhnya agar bisa mengatasi setiap permasalahan dalam mengemban tugas sebagai penyelenggaraan Pemilu.

“Ciptakan adanya kebersamaan dengan mitra kerja di tiap kelurahan/desa dan juga di tiap kecamatan serta selalu berkoordinasi dengan aparat dalam penyelenggaraan pemilu untuk dapat antisipasi gangguan keamanan,” imbuhnya.

Baca Juga :   DAK Sekolah Difokuskan untuk Pengembangan TIK dan Peningkatan Fisik

Sementara itu, Ketua KPU Kota Prabumulih M. Takhyul Hamid usai melantik ke 111 PPS mengimbau, agar PPS bisa saling dukung dengan PPK. “Dengan terbentuknya PPS bisa membantu tugas KPU secara keseluruhan,” katanya.

Ia mengatakan, selanjutnya tugas PPS agar melakukan pendataan penduduk, jumlah mata pilih, penempatan tempat pemungutan suara (TPS). “Lalu segera tentukan jumlah TPS dan bentuk kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS),” pungkasnya. (man/and)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …