Antisipasi Penyebaran Penyakit, MCK Warga Mataram Direnovasi



Ketua Hipmi Sumsel, M Akbar Alfaro saat memberikan secara simbolis perbaikan sarana MCK untuk warga Kertapati Palembang. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Guna menciptakan hidup sehat di kalangan masyarakat serta mengantisipasi penyebaran penyakit. Untuk itu, Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Penguasa Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel melalui HIPMI Dokter Club (HDC) membantu warga terutama masalah sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) untuk direnovasi.

Ketua HIPMI Sumsel, M Akbar Alfaro, Senin (18/12/2017) mengatakan, renovasi sarana MCK ini dilakukan di Jalan Mataram RT 07 RW 02 Kelurahan Kemas Rindu Kecamatan Kertapati Palembang. Dimana, hal ini dilakukan dalam rangka memperhatikan kesehatan warga sekitar serta mengurangi resiko menyebarnya penyakit, lantaran warga Kelurahan Kemas Rindu ini masih banyak ke sungai untuk MCK.

“MCK di sungai itu dari segi kesehatan ini kurang bagus, maka itu kami HIPMI Sumsel dan HDC Sumsel, bersama yayasan Salsabila, Universitas Kader Bangsa, serta dukungan dari Komunitas Ketimbang Ngemis Palembang menginisiatif untuk memperbaiki sarana MCK di kawasan tersebut,” ungkapnya usai meresmikan MCK .

Baca Juga :   LRT Stasiun Demang Mulai Pasang Rangka Atap (Berita Foto)

Untuk itu, dirinya berharap kepada warga sekitar harus menggunakan sarana MCK yang telah direnovasi atau membuat MCK sendiri, dan jangan lagi ke sungai karena tidak baik untuk kesehatan lingkungan sekitar.

“Adanya MCK ini banyak manfaatnya, kedepan kami akan mencari lebih banyak lagi titik-titik didaerah lqainnya yang memang menbutuhkan sarana MCK,” jelas Akbar yang juga bakal calon Walikota Palembang ini.

Sementara, salah satu warga sekitar, Romiko menambahkan, pihaknya sangat berterimakasih dan gembira atas renovasi MCK yang dilakukan pihak HIPMI bersama yang lainnya tersebut.

“Kami sangat senang dan gembira, karena selama ini sarana MCK di kampung kami ini terbengkalai, baru kali ini kami bisa merasakan MCK yang baik dan bagus. Kedepan semoga kesehatan warga sekitar lebih terjaga,” ujarnya.

Baca Juga :   Pembangunan 4 Tugu Perbatasan Dibidik Polresta Palembang

Ia menambahkan, sarana MCK yang telah direnovasi ini akan dirawat dan di jaga agar bisa di gunakan selama mungkin.

“Memang selama tiga bulan ini HIPMI Sumsel yang bantu untuk pengelolaan sarana MCK kami ini, warga sangat mengucapkan terima kasih. Selanjutnya kami akan musyawarahkan dengan warga untuk pengelolaan selanjutnya,” tandasnya. (rgn)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

BKDSA dan PLN Jaga Kelestarian SDA

Palembang, KoranSN Keberadaan Sumber Daya Alam dan ekosistemnya sangat penting terus dijaga kelestariannya. Sehingga dapat …