APPSI Berharap Perputaran Ekonomi Lebih Cepat

BERSALAMAN- Presiden Jokowi dan Gubernur Alex Noerdin nampak bersalaman ketika Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) diterima Kepala Negara di Istana Merdeka JakartaJakarta, SN

Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) berharap bagaimana untuk memacu perputaran ekonomi Indonesia lebih cepat dari sekarang. Hal itu dikemukakan Ketua APPSI yang juga Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo usai diterima Presiden Joko Widodo, Kamis (25/6), di Istana Merdeka Jakarta.

Selanjutnya Syahrul  menjelaskan, pertemuan itu dimaksudkan untuk melaporkan suasana daerah dan beberapa poin-poin penting yang harus disampaikan kepada Presiden terkait hasil Rakernas APPSI di Maluku beberapa bulan yang lalu, khususnya terhadap langkah untuk  memacu perputaran ekonomi Indonesia  agar bisa lebih cepat dari sekarang.

Salah satu yang utama, kata Gubernur Sulawesi Selatan itu, adalah harapan agar pemerintah mendorong perbankan, khususnya bank pemerintah atau Bank Pembangunan Daerah (BPD), untuk lebih terlibat dalam kredit-kredit usaha miko, kecil dan menengah (UMKM).

Baca Juga :   Alex Noerdin Tegaskan Dodi Kompeten Pimpin Muba

“Perlu ada rasionalisasi bunga bunga untuk UMKM agar mereka bisa bertumbuh dengan baik,” kata Syahrul.

Hal lain yang dilaporkan adalah tentang program strategis di setiap semua provinsi dengan menitik beratkan kepentingan masyarakat yang sanggat mendesak dan penting, hususnya percepatan proyek yang ada, agar betul-betul semua pihak pahami situasi yang ada.

“Tidak ada ketakutan untuk jalankan program dan proyek agar betul-betul serapan anggaran daerah bisa berjalan,” jelas Syahrul.

Sementara itu terkait masalah pangan, menurut Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan bahwa, Presiden  meminta agar masing-masing daerah saling menopang  kepentingan masing-masing dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional.

Dan hal ini menurut Alex sudah dilakukan oleh Provinsi Sumatera Selatan selama ini, karena Sumsel merupakan salah sattu daerah penyangga pangan Nasional.

Baca Juga :   63.501 Warga Ponorogo Dipastikan Tak Bisa Nyoblos Cagub Jatim

Bukan hanya pangan, masih menurut Gubernur Sumsel H Alex Noerdin selain penyangga pangan Nasional Sumsel juga menyangga energi Nasional baik dari gas alam, batubara maupun energi lainya baik untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat maupun industri.

Dalam pertemuan itu hadir selain Ketua APPSI yang juga Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, juga Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin,  Plt  Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

(awj/sn/untung)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Menteri Agama Masih Dirawat Karena COVID-19, Kondisinya Stabil

Jakarta, KoranSN Menteri Agama Fachrul Razi masih menjalani perawatan di rumah sakit karena terserang COVID-19, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.