Asian Games 2018, Becak Tak Akan Dilibatkan

Gubernur Palembang Alex Noerdin. (foto-dok/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Angkutan tradisional becak tidak akan dilibatkan dalam perhelatan akbar ajang olahraga empat tahunan negara-negara se-Asia, Asian Games yang akan diselengarakan di Kota Palembang. Bahkan becak dilarang melintasi kawasan Jakabaring Sport City (JSC) saat perhelatan tersebut digelar pada Agustus 2018 mendatang.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin, Senin (1/1/2018) mengatakan, selain becak kendaraan lainnya seperti elektrik car dan hydrogen car juga dilarang masuk ke dalam kawasan JSC. Ini karena kendaraan tersebut dinilai akan mengganggu sirkulasi udara di wilayah JSC. Jadi, selama Asian Games nanti JSC bebas dari namanya polusi.

“Becak tidak lagi kita libatkan dalam Asian Games mendatang, karena anggapan orang luar itu eksploitasi, yang artinya mengambil keuntungan tertentu pada suatu objek secara terus-menerus, sehingga dapat merugikan perekomian di sekitarnya. Untuk itulah becak tidak akan dilibatkan,” ujarnya.

Diungkapkan gubernur, memang pada ajang Sea Games XXVI dan Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang beberapa waktu yang lalu, becak dilibatkan menjadi angkutan tradisional untuk membawa para atlet dan turis menuju JSC, namun untuk Asian Games 2018 becak tidak dilibatkan.

Masih dikatakan gubernur, dari itulah dalam waktu dekat pihaknya segera mensosialisasikan kepada tukang becak serta angkutan umum lainnya, kendaraan apa saja yang tidak boleh melintasi kawasan JSC. Selain itu, pihaknya juga bakal menyiapkan kantung-kantung parkir yang berada di luar kawasan JSC.

Baca Juga :   PNS Berbondong-bondong Ambil Cuti Akhir Tahun

“Jadi kendaraan yang tidak diperbolehkan masuk bisa parkir di daerah tersebut. Setelah memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan, kemudian pengendara yang ingin masuk ke JSC dipersilahkan untuk berjalan kaki. Sebelum Asian Games berlangsung, sosialisasi ini akan terus kita lakukan guna melancarkan dan kesuksesan Asian Games itu sendiri. Kita berharap tukang becak dan pemiliki angkutan lainnya memahami kondisi tersebut,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Berikan Remisi Khusus Hari Anak Nasional Kepada 94 Anak Binaan

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan menyatakan sebanyak 94 anak binaan mendapatkan remisi khusus …

error: Content is protected !!