Askolani Tinjau Lokasi Serasi

Bupati Askolani disambut warga. (foto-siryanto/koransn)

Banyuasin, KoranSN

Usai pelantikan anggota BPD zona IV Kecamatan Tungkal Ilir periode 2019–2023, Bupati Banyuasin Askolani langsung meninjau lokasi Serasi tanaman padi Desa Sukaraja Kecamatan Tungkal Ilir, Sabtu (16/11/2019).

Bupati Askolani mengatakan, program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) adalah program dari Pemerintah Pusat, yang bertujuan untuk optimalisasi lahan yang terintegrasi dengan upaya peningkatan taraf hidup petani melalui bantuan pengembangan sistem irigasi di lahan rawa dan komoditas pertanian dan peternakan.

Dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia hanya 2 yang terpilih menjalankan program ini, yaitu Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan yang 70 persennya ada di Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga :   Komitmen di Bidang Perkebunan, Banyuasin Raih Empat Penghargaan

Askolani menuturkan, demi suksesnya program Serasi perlu adanya sinergitas antara petani dan Gapoktan, serta diharapkan para petani agar dapat menanam sayuran di pinggir-pinggir tanggul.

“Ibu-ibu perlu menanam sayuran dipinggir tanggul supaya ibu-ibu tidak perlu lagi menunggu tukang sayur Jakabaring masuk kesini. Untuk itu, kita manfaatkanlah lahan yang ada, tanaman yang kita tanam sendiri itu lebih sehat dan terjamin tentunya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Banyuasin Zainuddin membenarkan perlunya komunikasi antara Camat, Kades, Gapoktan dan petani terkait pemakaian alat hingga pengerukan saluran irigasi.

Baca Juga :   Banyuasin Cari 12 Calon Kepala OPD

“Dengan adanya komunikasi yang baik antara Camat, Kades, Gapoktan maupun petani diharapkan dapat saling bahu membahu, dan bila ada permasalahan dapat segera dilaporkan agar program Petani Bangkit Banyuasin dapat segera tercapai,” pungkasnya. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab Banyuasin Kucurkan BLT Tahap 2 dan Bantuan Pangan 52.229 KPM

Banyuasin, KoranSN Pemerintah Kabupaten Banyuasin sejak Senin (29/6/2020) kemarin, telah membagikan bantuan sosial dampak covid …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.