ASN Jangan Bantu Incumbent, Apalagi Calon Lain

Bupati OKI, H Iskandar SE. (Foto-Dok/Koransn)

Kayuagung, KoranSN

Tegasnya sanksi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti terlibat pada Pilkada sehingga merugikan calon lain, menuai reaksi dari Bupati OKI. Bupati pun mengingatkan ASN di OKI untuk tidak memihak.

“Saya adalah bakal Cabup OKI incumbent, saya harap ASN tidak terkontaminasi politik praktis,”kata Bupati OKI H Iskandar SE saat menghadiri Rakor persiapan Pilkada serentak di OKI tahun 2018, Senin (20/11/2017) di BPBS 1 Setda OKI.

“Saya tidak menghendaki ASN melakukan dukung mendukung kepada pasangan Cabup dan Cawabup karena justru akan merugikan incumbent,”tambah Iskandar yang dipastikan akan kembali mencalonkan diri sebagai Cabup OKI periode 2019-2024.

Baca Juga :   Ridho Yahya: ASN di Prabumulih Harus Ikuti Aturan Kepegawaian

Sambung Ketua DPW PAN Sumsel ini, bila ASN di OKI menyayangi bupatinya saat ini, ASN itu jangan mengerahkan massa karena berpotensi menjadi pelanggaran Pilkada. Iskandarpun melarang ASN membantu untuk memenangkan incumbent, apalagi membantu calon lain.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi di tempat yang sama mengungkapkan, tentang ASN dilarang melakukan kegiatan yang merugikan calon lain telah diatur pada pasal 71 UU Nomor 10 tahun 2016. Bahkan incumbentpun dilarang melakukan mutasi dan pergantian jabatan ASN sejak 6 bulan sebelum petahana ditetapkan sebagai Cabup oleh KPU.

Baca Juga :   Sekda Provinsi Sumsel Buka BBGRM dan Hari Kesatuan Gerak PKK

“Tapi boleh ada mutasi atau pergantian pejabat jika ada SK tertulis dari Mendagri RI,”cetus Ketua KPU OKI. Rakor kemarin juga dihadiri Wabup OKI, FKPD, Panwaslu OKI, seluruh camat dan pejabat di jajaran Pemkab OKI. (iso)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Infrastruktur dan SDM Masih Kendala Pembelajaran Daring

Lahat, KoranSN Sosialisasi dan kunjungan kerja Dewan Pendidikan Sumatera Selatan ke tiga wilayah kabupaten yaitu …