Asosiasi Sebut Tembakau Alternatif Perlu Aturan Terpisah dari Rokok





Ilustrasi. (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR Ariyo Bimmo menilai perlu adanya regulasi khusus untuk produk tembakau alternatif yang terpisah dari aturan rokok konvensional.

Ia berpendapat, dengan regulasi itu, masyarakat memiliki opsi yang lebih luas untuk mendapat produk tembakau yang lebih rendah risiko dengan harapan meningkatkan taraf kesehatan dan mengurangi pravalensi merokok di masa depan.

“Aturan hukum yang tepat untuk mengatur keberadaan produk tembakau alternatif harus mempertimbangkan profil risiko dan konsep pengurangan bahaya yang diterapkan, di mana produk tembakau alternatif memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok,” kata Bimmo dalam keterangannya diterima di Jakarta pada Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga :   BSSN Gaet Swasta Jalin Kemitraan Perangi Kejahatan Siber di Indonesia

Ia menjelaskan, produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik, produk tembakau yang dipanaskan, dan kantong nikotin, terbukti dalam berbagai kajian ilmiah memiliki risiko kesehatan 90 hingga 95 persen lebih rendah dibandingkan rokok bakar konvensional.

Produk tembakau alternatif mampu mengurangi risiko kesehatan, kata dia, karena menerapkan sistem pemanasan dalam penggunaannya sehingga tidak memproduksi asap yang mengandung TAR, atau zat kimia berbahaya yang dihasilkan dari proses pembakaran pada rokok. Sistem pemanasan tersebut diterapkan pada rokok elektrik dan produk tembakau yang dipanaskan. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Facebook Cafe Gelar Kampanye Keamanan Privasi Pengguna





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Weezer Berduet dengan The Adams Nyanyikan “Anak Sekolah”

Badung, KoranSN Band rock asal Amerika Serikat, Weezer, mengejutkan para penggemarnya dengan berduet bersama dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!