Asuransi Lahan Rp 36 Ribu/Ha Masih Minim Peminat

Robby Puruhita.

Palembang, KoranSN

Anggota Komisi II DPRD Sumsel Robby Puruhita mengimbau, petani di Sumsel untuk mengikuti program asuransi lahan pertanian yang diadakan Pemerintah Pusat melalui dinas pertanian di daerah. Saat ini, program dengan premi Rp 36 ribu per hektare (Ha) tersebut masih minim peminat.

Menurut Robby, minimnya minat petani untuk mengasuransikan lahannya, disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dari dinas terkait, terutama penyuluh pertanian di lapangan.

“Kita mengimbau kepada petani untuk memanfaatkan fasilitas asuransi Rp 36 ribu per hektare, itu selama satu musim panen. Biayanya sangat kecil sekali, dan kalau terjadi kerugian maka pemerintah akan menggantinya sebesar Rp 6 juta per hektare,” ungkap Robby, Selasa (4/4/2017).

Baca Juga :   Mawardi Yahya Minta RSI Siti Khadijah Makin Profesional

Ia menilai, program ini harusnya diikuti oleh petani, untuk mengantisipasi kerugian yang lebih besar jika terjadi gagal panen. “Memang kita tidak berharap ada kerugian, tapi sebaiknya program itu dimanfaatkan oleh petani untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen, akibat faktor cuaca dan sebagainya,” ujar Politisi PDI Perjuangan ini.

Ia mengatakan, asuransi lahan pertanian ini sama dengan asuransi lainnya. Bagi petani yang ingin mengikuti asuransi ini, mendaftarkan diri terlebih dahulu dan memenuhi syarat yang diminta, termasuk membayar premi.

Baca Juga :   Komisi II Minta Pemerintah Segera Gelar Operasi Pasar

“Tekhnisnya untuk lebih detail ada di dinas terkait, dalam hal ini dinas pertanian. Namun, intinya hampir saja dengan asuransi lainnya, kita bayar premi. Kita harap program ini dapat dimaksimalkan lagi,” pungkasnya. (awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

HD Sinkronkan Program Strategis Provinsi dengan Kabupaten/Kota

Palembang, KoranSN Untuk mempercepat jalannya pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dibutuhkan komitmen …