Asuransi Pertanian Beri Perlindungan Lahan





Ilustrasi
Ilustrasi

Palembang, SN

Wacana pemerintah pusat untuk memberikan perlindungan kepada lahan petani melalui kelompok tani (Poktan) berupa asuransi kini akan diterapkan di Sumatera Selatan (Sumsel). Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumsel, Erwin Noorwibowo saat dihubungi, Senin (9/11).

“Selama ini ketika gagal panen, petani harus menanggung kerugian sendiri. Akibatnya, mereka kesulitan mendapatkan modal untuk musim tanam berikutnya. Dengan asuransi ini petani tidak lagi dirugikan,” katanya.

Untuk teknis ke ikutsertaan asuransi ini sendiri, lanjut Erwin, petani melalui poktan mengajukan terlebih dahulu keanggotaan untuk asuransi, kemudian nanti akan ada tim teknis dari pihaknya untuk melakukan verifikasi.

“Jika dianggap layak maka poktan tersebut dapat mengikuti asuransi pertanian ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, berdasarkan aturan dari pemerintah pusat premi untuk asuransi ini sendiri Rp 180 ribu, sedangkan yang ditanggung pemerintah hanya 144 ribu dan sisanya akan dibayarkan oleh poktan itu sendiri. Ia juga menegaskan, asuransi ini akan diterapkan untuk musim tanam berikutnya bukan untuk tanam yang telah dilakukan saat ini.

“Nah, nantinya jika lahan pertanian poktan tersebut mengalami gagal panen maka akan diberikan ganti rugi biaya produksi sebesar Rp 6 juta per hektarnya,” terangnya.

Baca Juga :   Agus Fatoni Paparkan Program Prioritas Sumsel Tahun 2024 di Hadapan Peserta SSDN Lemhanas

Pihaknya berharap dengan adanya asuransi ini petani dapat lebih  bersemangat dalam melakukan aktivitas bertani. “Kami berharap asuransi pertanian ini dapat bermanfaat bagi petani khususnya di Sumsel,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman mengatakan, asuransi pertanian sudah siap digunakan sehingga para petani dapat mengakses untuk ganti rugi dan modal tanam lagi. (wik)







Publisher : awik obsesi

Lihat Juga

Rutan Banjarnegara Raih Peringkat ke-3 Latihan Menembak Bersama Kodim 0704

Banjarnegara, KoranSN Sebagai upaya meningkatkan keterampilan petugas, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara bekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    error: Content is protected !!