Atasi Banjir, Harnojoyo Buat Kanal Sungai 1 Km

Walikota Palembang Walikota Harnojoyo bersama warga sedang membersihkan kanal sungai yang di penuhi eceng gondok.
Walikota Palembang Walikota Harnojoyo bersama warga sedang membersihkan kanal sungai yang di penuhi eceng gondok.

Palembang, KoranSN

Warga dengan penuh semangat mengikuti ajakan Walikota Palembang Harnojoyo untuk membuka kanal sungai baru di Kelurahan Sei Buah Kecamatan Ilir Timur II, Minggu (24/1/2016).

Meski harus masuk kedalam rawa yang sangat kotor dan berbau tidak menghalangi semangat warga untuk membuatnya, karena kanal sungai yang di buka sepanjang 1 Km ini dinilai sangat efektif dalam mengatasi banjir di kelurahan tersebut.

Dalam waktu 3 jam, rawa yang sudah tidak berfungsi selama kurang lebih 10 tahun dan di penuhi tanaman liar, eceng gondok dan kotoran berubah menjadi kanal sungai baru yang mengalir dengan lancar.

“Alhamdulillah masyarakat semakin peduli, terbukti dengan banyaknya warga yang turun bersama kami, memang seharusnya hal seperti ini yang dilakukan warga, karena manfaatnya mereka sendiri merasakannya, kita lihat sungai baru ini, luar biasa 3 jam sudah jadi sungai dengan aliran lancar, terimakasih seluruh warga Kelurahan Sei Buah, dan semua elemen dan organisasi kepemudaan yang juga turut membantu,” ungkap Harnojoyo.

Baca Juga :   Komandan Kodim 0418/Palembang Gelar Safari Merah Putih ke SMAN 1 Palembang

Harno menambahkan, selain  melaksanakan gotong royong, ia juga melakukan diskusi serta mendengarkan keluhan dari warganya.

“Berdasarkan keluhan warga tadi, salah satu kendala antisipasi banjir adalah gorong-gorong yang seharusnya menjadi aliran air terhalangi tembok milik PT Pusri, Alhamdulillah kita sudah mediasi dengan PT Pusri mereka bersedia  memperbaikinya, selain itu ada juga keluhan warga yang belum menikmatai air PDAM, kita pastikan besok sudah dipasang, saya sudah perintahkan Dirut PDAM,” terangnya.

Santoso (44), warga RT 06 Kelurahan Sei Buah mewakili warga lain mengatakan, mereka sangat memuji aksi Orang Nomor satu di Kota Palembang ini, seluruh RT ikut turun dan antusias dengan kehadiran Walikota.

Baca Juga :   2016, RSUD Empat Lawang Gratiskan Pemakaian Ambulans

“Sudah puluhan tahun rawa ini menjadi penyebab banjir di daerah sini,  Alhamdulillah hari ini dengan inisiatif pak Walikota bisa jadi sungai baru, kami yakin hal ini bisa mengurangi banjir, sosok pemimpin seperti pak Harnojoyo inilah yang selama ini kami rindukan,” ungkapnya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Ngopi Cow di Kedai PWI, Tantangan Pilkada di Tengah  Covid Makin Berat

Palembang, KoranSN Tantangan Pilkada 9 Desember 2020 yang juga bakal digelar di tujuh kabupaten di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.