Atasi Kekeringan dan Banjir, Warga Sembawa Minta Normalisasi Sungai



Anggota DPR RI, Ir H Ishak Mekki MM menerima aspirasi masyarakat dalam bentuk proposal, disaksikan Camat Sembawa, Hj Nurlela SSos MSi dan Tenaga Ahli (TA) Anggota DPR RI, Heriyanto ZA SSos MSi di acara reses Anggota DPR RI yang berlangsung di Desa Lalangsembawa Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin. (Foto-Istimewa)

Banyuasin, KoranSN

Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin yang membawahi 12 desa, Desa Lalangsembawa, Pulauharapan, Mainan, Limau, Rejodadi, Purwosari, Santansari, Limbangmulya, Pulau Muning, Muaradamai, Sakomakmur, Pulau Punjung, pada masa lalu merupakan salah satu kawasan penghasil padi terbesar di Kabupaten
Banyuasin.

Desa-desa tersebut saling berhubungan, baik jalur darat maupun jalur sungai melalui Sungai Pulau yang mengikuti pasang surut dari induknya, Sungai Musi.

Seiring waktu, sungai yang menjadi andalan masyarakat setempat untuk mengairi persawahan mengalami pendangkalan.

Akibatnya, masyarakat tidak dapat lagi bersawah, karena dampak dari pendangkalan sungai yang panjangnya hampir 20 Km tersebut, hingga pada musim kemarau terjadi kekeringan dan di musim hujan mengalami banjir.

Baca Juga :   Ponpes Ulul Albab Gelar Tasyakuran

Kisah tersebut terungkap saat Anggota DPR RI, Ir H Ishak Mekki MM berkunjung ke Desa Lalangsembawa, Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin, Jumat (27/12-2019) dalam rangka menyerap aspirasi dan temu konstituen di masa reses Tahun Sidang I/2019-2020.

Dalam acara tersebut hadir seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Sembawa dipimpin langsung Camat Sembawa, Hj Nurlela SSos MSi, Pengurus dan Anggota Lembaga Perlindungan Perempuan Mandiri (LPPM) Banyuasin, para tokoh masyarakat, kelompok tani, Karang Taruna dan para Penyuluh Pertanian se-Kecamatan Sembawa.

Masyarakat yang antusias menyambut kedatangan Anggota Komisi V DPR RI tersebut, menyuarakan aspirasinya melalui pemimpinnya langsung, Camat Sembawa, Hj Nurlela.

Di hadapan Ishak Mekki yang menyimak secara serius, Camat Nurlela menyampaikan bahwa aspirasi tentang normalisasi sungai tersebut telah lama disampaikan kepada bupati, gubernur bahkan ke Kementerian PUPR melalui Balai Sungai di Palembang.

Baca Juga :   Hampir 5 Ribu Berkas PTSL Masuk ke BPN

“Namun apa yang kami usulkan tersebut belum mendapat tanggapan Pak. Itulah sebabnya, kehadiran Bapak Ishak Mekki di sini kami sambut hangat dan antusias, karena kami yakin bapak dapat menjembatani apa yang menjadi harapan kami,” ungkap Nurlela disambut tepuk tangan hadirin.

Ishak Mekki yang juga mantan Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, menjawab aspirasi masyarakat tersebut menyatakan, keseriusannya untuk meneruskannya ke pusat dalam hal ini ke Kementerian PUPR.

Menurutnya, apa yang disuarakan oleh masyarakat malalui camat tersebut merupakan sarana untuk memenuhi hajat masyarakat banyak.

“Saya janji untuk mengusung usulan ini ke kementerian terkait di saat saya rapat kerja dengan menteri, atau rapat-rapat dengar pendapat dengan para dirjennya,” sambut Ishak Mekki serius.

Di acara tersebut, selain masyarakat mengusulkan normalisasi sungai, juga menyampaikan sejumlah usulan lainnya seperti, perkerasan jalan padat karya yang menghubungkan beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Sembawa, embung desa dan pasar rakyat. Kesemua usul yang diserahkan dalam bentuk proposal itu, diterima langsung secara antusias oleh Ishak Mekki.

“Insya Allah, apa yang menjadi harapan masyarakat ini dapat saya perjuangkan, dan menjadi realita guna kepentingan pembangunan dan kelangsungan kehidupan masyarakat di sini,” ungkap Ishak Mekki. (sir)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

KPU Lubuklinggau Selesai Gelar Rekapitulasi, Penetapan Caleg Terpilih Tunggu Juknis dari KPU Provinsi Sumsel

Lubuklinggau, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah selesai menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!