Badan Geologi Catat 19 Kali Gempa Guguran Gunung Ruang





Tampak Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro pascaerupsi 30 April 2024. (Foto-ANTARA/HO-PVMBG-BG-KESDM)

Manado, KoranSN

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sebanyak 19 kali gempa guguran Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), selama periode 1 – 10 Mei 2024.

“Tercatat gempa erupsi, 11 kali gempa embusan, 87 kali gempa vulkanik dangkal, 22 kali gempa vulkanik dalam, lima kali gempa tektonik lokal, 44 kali gempa tektonik jauh, dan 27 kali tremor menerus,” kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam rilis yang diteruskan dalam grup percakapan di Manado, Sabtu (11/5/2024).

Baca Juga :   Presiden UAE Puji Potensi Indonesia dalam Banyak Bidang

Erupsi terjadi pada 1 Mei 2024 pukul 17.43 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 meter di atas puncak. Selanjutnya pada 2 Mei 2024 teramati erupsi pukul 16.12 WITA dan kolom asap berwarna putih-kelabu dengan tinggi 300 meter condong ke arah utara.

Ia mengatakan pada umumnya asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal, dan tinggi 100-700 meter di atas puncak kawah.

Kemudian pada 7 Mei 2024 teramati dua kali gempa erupsi dengan tekanan lemah, asap kawah tidak teramati. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Pemkab Muba Gandeng Puslatbang PKASN LAN-RI Seleksi 5 Jabatan Pratama







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

BMKG Terbitkan 14 Daerah Berstatus Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

Jakarta, KoranSN Sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!