Bakar Mobil Angkutan Batubara, Maryono Masuk Bui





Tampak mobil angkutan batubara yang dibakar saat diamankan pihak kepolisian Polsek Penukal Abab. (foto-istimewa)

PALI, KoranSN

Maryono alias Jon (42), warga Dusun I Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ditangkap pihak kepolisian Polsek Penukal Abab lantaran membakar mobil angkutan batubara (Angbara). Atas perbuatannya tersebut kini tersangka masuk bui (penjara).

Tersangka membakar mobil tersebut, Minggu (29/7/2018) bersama rekannya ‘DD’ (DPO) saat mobil Angbara yang dibakar tengah melintasi Jalan Holling Km 19 Desa Betung Kecamatan Abab.

Dari data yang dihimpun, kendaraan Angbara yang dibakar tersebut dikendarai oleh korban Periyanto (28), warga Ujanmas Muara Enim, dimana saat kejadian tersangka bersama pelaku ‘DD’ menyetop mobil tersebut, bahkan diduga salahsatu tersangka menodongkan pistol mainan (korek api berbentuk pistol) ke arah Periyanto.

Merasa terancam, korban Periyanto yang seorang diri langsung turun dari kendaraannya tanpa perlawanan, dan korban diminta menyerahkan bukti angkut serta dompet korban. Kemudian tersangka lainnya membawa jerigen berisi bensin dan langsung menyiramkan mobil tersebut hingga ke kabin mobil, setelah itu tersangka membakar mobil Angbara itu. Sementara korban diperintahkan tersangka menjauh dari mobil tersebut.

Setelah itu, tersangka kabur menggunakan sepeda motor meninggalkan mobil yang telah hangus itu. Usai kejadian, korban melaporkan ke Polsek Penukal Abab dan menjelaskan ciri-ciri kedua tersangka tersebut.

“Saya disuruh turun dan diminta DO (bukti angkut) dan dompet, lalu disuruh pergi. Kata kedua pelaku tersebut, sambil mengancam pakai pistol ke saya. Kata mereka, kemaren ado mobil Angbara numbur wong di Purun. Setalah itu, saya langsung melaporkan ke Polsek,” kata Periyanto.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Penukal Abab pimpinan Iptu Acep YS langsung melakukan penyidikan terhadap kedua pelaku yang telah melakukan tindak pidana tersebut.

“Setelah mendapatkan ciri dan identitas pelaku, kita dibantu oleh Kasat Reskrim Polres Muara Enim langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka Maryono alias Jon di lokasi Stasiun 7 Desa Betung kecamatan Abab tanpa perlawanan, dan langsung kita bawa ke Mapolsek Talang ubi,” jelas Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Penukal Abab Iptu Acep YS, Senin (30/7/2018).

Baca Juga :   Pembunuh Ujang Dibekuk di Rumah Adik Kandung

“Sedangkan untuk pelaku lainnya masih kita lakukan pengejaran dan identitas pelaku sudah kita ketahui,” imbuh kapolsek.

Selain itu, petugas juga mengamankan satu unit kendaraan Angbara yang telah dibakar oleh kedua pelaku, satu unit handpone, satu buah tas pinggang serta satu buah korek api berbentuk pistol yang digunakan pelaku untuk menakuti sang sopir.

“Pelaku akan kita ancam dengan pasal berlapis yakni; Pasal 365 KUHP dan Pasal 170 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan pengrusakan, dengan ancaman kurungan penjara 13 tahun,” pungkasnya. (ans)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Puluhan Kios dan Ratusan Los Pasar Karang Kobar Banjarnegara Terbakar

Banjarnegara, KoranSN Bencana kebakaran terjadi di salah satu pasar terbesar di wilayah Kecamatan Karang Kobar,m …

error: Content is protected !!