Balita di PALI Jalani Operasi, Proses Penyembuhan dengan Kolostomi

Anisa sebelum menjalani operasi.(foto-anas/koransn)

PALI, koranSN

Masih ingat dengan Anisa, balita berusia tiga tahun asal Dusun lima, Desa Sungai Baung, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, yang mengalami perut membesar seperti orang hamil, yang awalnya didiagnosa mengidap penyakit massa intra abdomen.

Kamis (11/6/2020), buah hati pasangan Edi Anto (41) dan Inah (32) itu telah menjalani operasi di RSMH Palembang.

Sinta, tokoh masyarakat asal Desa Sungai Baung, yang mendampingi Anisa menjalani operasi di RSMH Palembang menjelaskan bahwa kondisi Anisa saat ini sudah mulai stabil pasca operasi yang dialaminya.

“Alhamdulillah, operasi berjalan lancar. Dan kondisi Anisa sudah mulai stabil. Kami ucapkan juga terimakasih kepada seluruh pihak yang turut membantu dan mendoakan Anisa, sehingga Anisa bisa menjalani operasi dengan lancar. Terutama, kami ucapkan terimakasih kepada Bupati PALI H. Heri Amalindo,” ungkap Sinta, saat dihubungi via WA, Kamis (11/6/2020).

Baca Juga :   Massa Ancam Bermalam di Kantor Pemkab Lahat Terkait Dugaan Sengketa Lahan

Sementara itu, dr Vivin Esran, salah satu tenaga kesehatan yang memantau perkembangan Anisa menjelaskan bahwa Anisa setelah menjalani operasi diketahui terdapat gangguan kesehatan di ususnya.

“Tadi, operasi yang dilakukan yaitu sedot kotoran lewat anus. Kemudian, dokter mengambil sampel yang diketahui bukan tumor jinak, seperti diagnosa awal. Melainkan adanya penyumbatan pada usus besar. Hal itulah yang memicu Anisa tidak BAB dalam waktu yang cukup lama,” jelasnya.

Dr. Vivin juga menerangkan setelah dipastikan bukan tumor, maka pihak medis akan melakukan Kolostomi untuk proses penyembuhan pada perut Anisa yang membesar.

Kolostomi adalah prosedur yang umumnya dilakukan untuk menghentikan infeksi, mengatasi penyumbatan, atau mencegah kerusakan lebih lanjut pada usus besar.

“Artinya, proses penyembuhan nanti usus Anisa akan dikeluarkan dan diletakkan disamping, untuk beberapa hari selama proses pemulihan. Kemudian, jika kondisi sudah membaik akan dimasukkan kembali. Tentu itu semua dalam kondisi yang steril,” tambah dr. Vivin.

Baca Juga :   Nasrun: Utamakan Tanah Untuk Kepentingan Umum

Untuk proses pemulihan, dr. Vivin belum bisa memastikan sampai kapan. Namun, Ia meminta doa kepada seluruh warga PALI untuk kesembuhan Anisa.

“Alhamdulillah, setelah disedot melalui operasi, perut Anisa sudah lumayan kempes dan kondisi sudah membaik. Semoga Anisa segera sembuh dan bisa beraktifitas seperti biasa,” tutupnya. (ans)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pembangunan Flyover Untuk Jalur Kereta Api

Muara Enim, KoranSN Dalam mendukung kemajuan kerjasama pemanfaatan Aset PT.KAI dengan Pemerintah Daerah, dilaksanakan rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.