Bandara Silampari Lubuklinggau Siap Beroperasi

Walikota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe saat meninjau Terminal Bandara Silampari Lubuklinggau, Senin (21/1/2019). (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Bandar Udara (Bandara) Silampari Lubuklinggau siap beroperasi, bahkan dalam perharinya akan ada ratusan penumpang atau sekitar 250 hingga 300 orang yang menggunakan bandara ini.

Untuk melihat kesiapan tersebut, Senin (21/1/2019) Otoritas Bandara Wilayah Enam, Agus bersama Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe melakukan kunjungan ke bandara tersebut.

Otoritas Bandara Wilayah Enam, Agus mengatakan, secara operasional Bandara Silampari ini sudah siap. Minggu depan akan disiapkan untuk operasinya. Nanti secara bertahap peralatan di terminal lama dipindahkan ke terminal baru.

Selain mengecek terminal, Agus menuturkan, bahwa dilakukan pengecekan persiapan tower. Ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan di tower itu.

“Utama dari navigasi penerbangan, pemasangan ground penyambungan hubungan listrik ke antena itu sehingga pengoperasian bisa stabil,” terangnya.

Dua hal ini, kata Agus, bisa jadi masukan untuk pihaknya sebelum diresmikan. Jadi bandara ini benar-benar siap nantinya. Termasuk juga kedepannya untuk operasional bandara ini secara optimal.

Baca Juga :   Sukses Torch Relay, Banyuasin Raih Rekor MURI

“Tadi ada juga masukan kecil dari walikota, terkait fasilitas seperti nama Bandara Silampari ditambah nama Lubuklinggau. Itu penting dalam penunjukkan res area untuk pengunjung yang datang ke Lubuklinggau. Fasilitas lounch, dan tempat ibadah. Toilet juga, itu masukkan untuk kita, dan akan segera kita realisasikan,” imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan, Agus mengatakan, Bandara Silamari ini sudah green air port, di dalam itu nanti bakal ada taman-taman, suasananya juga tak jauh beda dengan Bandara Soekarno-Hatta. Yang membedakannya hanya besarnya, kalau suasananya sama.

“Pencahayaan juga sangat tinggi, jadi sangat pas juga. Sudah memenuhi syarat green airport,” sebutnya.

Agus juga mengungkapkan, beradasarkan pergerakan penumpang 250 sampai 300 orang perhari. Difasilitasi dua penerbangan langsung. Dari slot time masih sangat terbuka untuk penambahan frekuensi ketiga.

“Artinya bisa disampaikan ke Citilink, atau Sriwijaya Air atau yang lainnya untuk mengisi frekuensi ketiga itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan, dirinya sangat berharap jadwal Presiden untuk peresmian bandara ini. Terakhir yang didengar, menunggu jadwal atau bakal dibarengkan dengan kegiatan kegiatan lain yang ada di Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Warga Kurang Mampu di Muba Didaftarkan BPJS Kesehatan

“Kita belum tahu kegiatan apa, mungkin kegiatan peresmian juga, seperti peresmian Bandara Gatot Subroto di OKU Timur,” ujarnya.

Nanan menuturkan, bandara ini secara fisik sudah selesai, tapi tinggal finising lagi, dan minggu depan dilakukan secara bertahap untuk pemindahan.

“Beberapa kekurangan, seperti tempat santai pengunjung, tempat lounch, tempat ibadah dan lainnya. Itu sudah disampaikan. Semoga bisa selesai semua nanti,” ujarnya. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Wujudkan Impian Petambak Udang Sungai Menang dengan Program Listrik Masuk Tambak

OKI, KoranSN Setelah sebelumnya melaunching listrik masuk sawah, Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali meluncurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.