Banjir Terparah, Warga Simanjuntak dan Rawa Jaya ‘Ngungsi’ di Masjid

Tampak banjir yang mengguyuri Kota Palembang salah satunya di Jalan Simanjuntak. (Foto-Deni/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Hujan deras yang beberapa hari mengguyur Kota Palembang sejak Senin kemarin (12/11/2018) hingga Selasa ini (13/11/2018), membuat sejumlah wilayah di kota pempek ini terendam banjir.

Pantauan di Jalan Simanjuntak serta Rawa Jaya Kelurahan Pahlawan Kota Palembang semua ruas jalan diwilayah tersebut terendam banjir. Semua akses tidak dapat dilalui karna ketinggian melebihi lutut orang dewasa.

Atas kejadian ini, warga yang akan beraktifitas pun terlihat membatalkan rencananya karena di jalan protokol Basuki Rahmat, A. Rivai dan Kol Haji Burlian banjir. Bahkan kolam retensi di Jalan Demang Lebar Daun yang biasa mampu menampung debit air pun ikut meluap.

Baca Juga :   Pulang dari Batam, Tenaga Kesehatan di Prabumulih Diisolasi di RSMH Palembang

Ketua Forum RT Kelurahan Pahlawan Palembang, Riduan mengatakan, disini memang kerap banjir apabila terjadi hujan, namun tidak dengan debit air setinggi demikian.

Terlihat warga yang mengungsi di Masjid.

“Luar biasa banjirnya, ini banjir terparah sejak Tahun 2003 atau sekitar 15 tahun silam,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada warga, apabila rumahnya tidak memungkinkan untuk ditempati bisa mengungsi ke Masjid Daarul Jannah.

“Masjid Daarul Jannah sementara ini kita fungsikan untuk menampung warga 5 RT yang semuanya terendam banjir, seperti RT 08, 10, 11, 12 dan RT 21,” ujarnya.

Sebagian warga, ada yang diperbolehkan pulang untuk mengecek keadaan rumah serta menyelamatkan barang yang masih bisa diselamatkan.

Baca Juga :   Sumsel Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah PTQ Nasional 2020

“Ada warga yang sudah pulang, kita juga menganjurkan masyarakat untuk memantau kondisi rumahnya, apabila memungkinkan untuk kembali ditempati baru kita perbolehkan pulang,” katanya.

Sementara, Ketua RT 10, Tatang yang rumahnya ikut terendam banjir mengatakan, sementara ini pihaknya mengumpulkan sumbangan kepada warga sekitar untuk dibelikan bahan makanan bagi warga yang mengungsi di Masjid.

“Kita masih swadaya mengumpulkan dana untuk membeli bahan makanan, karena rumah warga terendam banjir jadi tidak bisa masak,” tuturnya. (den)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

15 Ribu Pelanggan Masuk Daftar Tunggu PDAM

Palembang, KoranSN Guna memenuhi kebutuhan pelayanan air bersih yang masih belum tercukupi, Perusahaan Air Minum …