Banyuasin Ikut Pameran Penghasil Kelapa Dunia

Plt Bupati Banyuasin, Ir SA Supriono (kemeja putih) saat menghadiri Festival Kelapa Internasional di Lapangan Taman Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Riau. (foto-siryanto/koransn.com)

PERAYAAN Hari Kelapa Dunia (World Coconut Day) merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tanggal 2 September oleh negara-negara penghasil Kelapa di dunia, termasuk Indonesia. Tanggal tersebut merupakan hari berdirinya Asian and Pacific Coconut Comunity (APCC), lembaga pemerintah negara penghasil kelapa di dunia yang saat ini beranggotakan 18 negara.

Pada tanggal 9 September 2017 bertempat di Lapangan Taman Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau menjadi Pusat Perayaan Hari Kelapa Dunia tahun 2017 dengan penyelenggaraan event akbar bertajuk “Festival Kelapa Internasional“.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Pertanian yang diwakili Dirjend Perkebunan dan Holtikulutra, Gubernur Riau, Ketua DPRD Provinsi Riau, Bupati Indragiri HIlir, Gubernur Nangroe Aceh Darusalam (NAD), Gubernur Bengkulu, Bupati Banyuasin, Bupati gorontalo serta Direktur dan Asisten Direktur Asian Pacific Coconut Comunity (APCC) dan beberapa perwakilan negara-negara sahabat penghasil kelapa.

Baca Juga :   Perayaan HUT Prabumulih Ditutup Olahraga Bersama

Acara dan temu bisnis, seminar serta pentas budaya berlangsung hingga Senin 11 Septeber 2017 ini diisi dengan kegiatan seminar, temu bisnis, pameran dan promosi serta field trip ke perkebunan kelapa rakyat.

Festival ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengundang, mendatangkan dan mempertemukan pelaku usaha kelapa nasional dan internasional demi mendorong investasi dibidang kelapa serta rehabilitasi, peremajaan dan pengembangan perkebunan serta industri berbasis kelapa, seiring dengan meningkatnya kebutuhan kelapa dan turunannya dalam negeri dan internasional.

Kegiatan ini juga sebagai penguatan dan pemberdayaan masyarakat yang menggantungkan kehidupannya pada tanaman kelapa, termasuk upaya pengembangan sumber daya manusia untuk memanfaatkan tanaman kelapa sebagai bahan kerajinan, industri dan riset.

Baca Juga :   Rapat Komite Hasilkan 4 Agenda Besar Semester II

Pelaksanaan Festival Kelapa Internasional (FKI) dalam rangka Hari Kelapa Dunia (World Coconut Day) secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau, Arsydajuliandi Rachman di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Sabtu sore (9/9/2017).



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Verifikasi Kepuasan Pelayanan di Lapas Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera …

error: Content is protected !!